Jadwal dan Strategi Menghadapi USBN 2019

     
 Adik-adik sekalian tak terasa kita sudah menginjak semester ke dua tentu saja ini merupakan saat dimana kita sebagai siswa khususnya kelas akhir yaitu kelas 6 kelas 9 ataupun kelas 12 sudah saatnya bersiap-siap menghadapi ujian akhir sekolah. Pemerintah telah menetapkan jadwal USBN untuk tahun 2018/2019 yang tertuang dalam peraturan badan standar nasional pendidikan nomor 0048/BSNP/XI/2018 yang mana untuk siswa SD tanggal 22 april 2019 sampai 24 April 2019. Selain menetapkan jadwal pemerintah juga telah mengeluarkan kisi-kisi soal jadi kita tidak perlu khawatir dalam menghadapinya. 

        Ujian akhir sebenarnya bukan segala-galanya tetapi hal ini harus kita hadapi karena merupakan suatu keharusan ketika kita berada di bangku sekolah. Janganlah adik-adikku sekalian beranggapan ujian ini merupakan suatu beban kerena sesungguhnya ini menguji kita setelah menempuh pembelajaran yang kita lakukan selama disekolah. Langsung saja kita bahas bagaimana strategi menghadapi USBN agar lebih siap dan mendapatkan hasil maksimal.

1. Ketahuilah kemampuan diri kita.
    Perbanyaklah mengerjakan latihan soal untuk mengetahui kemampuanmu, walau bagaimanapun          tanpa berlatih kita tidak akan terbiasa dalam mengerjakan soal terutama yang berhubungan dengan      ujian yang akan kita laksanakan. Usahakan kerjakan sejujur mungkin karena untuk mengasah              kemampuan kita.

2. Cermati kisi-kisi USBN setiap mata pelajaran
    Dengan kita mencermati kisi-kisi yang sudah disediakan oleh pemerintah, kita tidak akan                    melenceng dengan soal yang akan kita kerjakan saat USBN berlangsung karena soal yang dibuat        pasti sesuai kisi-kisi yang diberikan.

3. Kuasai materi kisi-kisi USBN
    Dalam mengerjakan soal pastinya terlebih dahulu kita membaca materi tentang soal tersebut, dan        tentu saja yang kita pelajari juga harus kita sesuaikan dengan kisi-kisi yang diberikan. Misalnya          untuk pelajaran IPA SD kisi-kisi tentang ciri khusus tumbuhan, maka kita harus mempelajari              materi tersebut dan tidak perlu mempelajari ciri khusus hewan.


4. Kenali paket soal latihan USBN
    Tak kenal maka tak sayang, itu yang sering kita dengar, demikian juga dengan USBN, kalau kita        belum pernah mengenal seperti apa bentuk soal USBN bagaimana kita bisa mengerjakannya.              Untuk itu sebaiknya cobalah soal USBN tahun yang lalu paling tidak kita tahu bentuk soal seperti      apa.

5. Ayo berlatih
    berlatih...berlatih...dan...berlatih...itulah sekarang yang harus kita mulai supaya tidak canggung            dalam menghadapi soal dan kita lebih memahami berbagai macam bentuk soal, apalagi mulai              tahun kemarin sudah ada bentuk soal isian.

6. Berdoa dan mohon restu orang tua dan guru.
    Setelah semua usaha kita lakukan jangan lupa kepada Tuhan yang selalu memberikan kemudahan        kepada kita karena hanya kepadanyalah kita serahkan segalanya, apapun hasilnya kita berusaha          yang terbaik. Dan tak lupa pula mohon doa restu kepada Bapak dan Ibu guru serta orang tua kita.

Demikianlah sedikit tips yang bisa kakak berikan kepada adik-adik semua, semoga bermanfaat dan tetap semangat.


0 Response to " Jadwal dan Strategi Menghadapi USBN 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel