Infused water apa mengapa dan bagaimana cara membuat

vina191214.blogspot.com

Infused water yang belakangan ini sedang digandrungi karena dianggap sebagai salah satu minuman menyehatkan dan kaya manfaat. Kita mungkin sering melihat irisan buah direndam dalam air minum? Nah, inilah yang disebut infused water. Infused water diklaim dapat menurunkan berat badan, membantu proses detox tubuh, dan juga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Lalu apakah benar berbagai klaim manfaat infused water tersebut? Mari kita cari tahu faktanya di bawah ini.

Apa itu infused water itu?

Infused water adalah air mineral yang dicampur atau di mix dengan berbagai  potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau juga rempah-rempah. Anda bisa dengan mudah membuat minuman satu ini sendiri di rumah. Tak ada buah, sayuran, herbal atau rempah khusus untuk membuat infused water ini. Pilihan bahan-bahan tersebut bisa  disesuaikan dengan apa yang kita sukai.
Minuman ini selanjutnya akan disimpan dalam sebotol air mineral dan dinginkan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari dari buah lebih menyatu dengan air. Setelah didiamkan dalam waktu yang agak  lama, potongan buah atau sayuran yang digunakan biasanya akan menjadi lembek.
Bagi beberapa orang, bahan-bahan tersebut akan  dibuang karena dirasa kurang enak ketika dimakan. Oleh karena itu, banyak orang menyebut infused water sebagai minuman rasa buah atau minuman sari buah. Karena mereka hanya mengonsumsi air rendaman buah dan sayuran saja.
Terlepas bagaimana cara Anda mengonsumsinya, infused water diklaim sebagai salah satu minuman menyehatkan yang memiliki berbagai manfaat. 

                      vina191214.blogspot.com

Berbagai manfaat dari infused water

1. Menurunkan berat badan
Lemon merupakan salah satu buah yang paling sering dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program untuk menurunkan berat badan. Bahkan lemon disebut sebagai makanan pengurus badan mungkin karena rasanya yang asam. Sehingga banyak yang mengatakan jika berbagai campuran lemon kini diketahui banyak orang sebagai ramuan yang baik dikonsumsi untuk diet, diantaranya dijadikan infused water.
Air lemon dipercaya bisa menurunkan berat badan karena buah satu ini banyak mengandung pektin, yaitu jenis serat yang dapat memberikan rasa kenyang dan juga tahan lama. Banyak orang yang beranggapan bahwa kandungan pektin yang terdapat dalam lemon dapat mengurangi asupan kalori dalam satu hari karena membuat Kita jadi tidak mudah lapar setelah mengonsumsinya. Nah,hal ini yang membuat banyak orang menjadi keliru.
Fakta yang ada, kandungan pektin dalam lemon tidak sebanyak yang Kita perkirakan hingga mampu untuk menurunkan berat badan.

Namun, hal ini  bukan berarti jika buah satu ini mampu menurunkan berat badan Kita. Satu buah lemon yang memiliki ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat. Jika diperas atau dipotong-potong untuk diolah menjadi minuman, kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh pun akan menjadi  lebih sedikit lagi. Namun jika dibanding dengan teh atau kopi, air lemon memang bisa jadi pilihan minuman yang jauh lebih sehat.

2. Mencegah penuaan dini pada kulit

Buah-buahan yang  digunakan dalam infused water biasanya yang kaya akan kandungan zat antioksidan dan juga mengandung vitamin C. Itulah mengapa banyak orang memilih buah jeruk, lemon, stroberi, kiwi, apel dan lain sebagainya untuk campuran infused water.
Berbagai buah dan sayur yang diperkaya antioksidan dan juga vitamin C memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghambat penuaan kulit.
Kedua senyawa tersebut terbukti dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen yang berguna mengencangkan dan juga mengenyalkan kulit. Akan tetapi, tidak secara otomatis bisa mencegah atau menghentikan proses penuaan yang sudah terjadi.

Untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, Kita juga harus mencukupi kebutuhan gizi dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta beberapa sumber protein rendah lemak.
Untuk itu jangan hanya mengonsumsi infused water namun harus diimbangi juga dengan penerapan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang. Dengan demikian, manfaat infused water satu ini bisa lebih optimal dirasakan oleh tubuh.

3. Hidrasi tubuh sebagai pengganti air putih biasa

Para ahli menyatakan, infused water dapat membantu Anda agar tetap terhidrasi. Sekitar 60 hingga 70 persen dari berat badan kita terdiri dari air, dan asupan air yang cukup diperlukan untuk setiap proses tubuh termasuk dalam sirkulasi, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuh Anda. Jadi, dapat Anda bayangkan, betapa air memiliki peranan penting dalam kehidupan kita?
Secara umum, setiap orang akan membutuhkan air kurang lebih 8-12 gelas per hari. Hal ini bertujuan untuk menggantikan air yang keluar dari tubuh, baik dalam bentuk keringat ataupun urin yang kita keluarkan.
Banyaknya air yang dikeluarkan dari tubuh bisa bergantung pada beberapa hal diantaranya cuaca, aktivitas, hingga seberapa banyak Anda mengonsumsi kafein atau alkohol yang kita minum. Jika cairan yang keluar dari tubuh kita tidak segera diganti, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat.
Dehidrasi akan mudah terjadi jika kita kurang minum. Memang terdapat beberapa orang yang memang tidak suka bahkan sedikit menepi dengan rasa dari air putih, atau mungkin bosan jika harus minum kurang lebih 2 liter air per harinya apalagi jika hanya minum air putih saja.
Infused water bisa jadi pilihan yang tepat bagi kita yang tidak suka rasa air putih tapi tidak mau mengonsumsi minuman yang mengandung gula tinggi seperti soda, teh kemasan, kopi, dan juga jus buah kemasan.
Jika Anda memang sudah terbiasa mengonsumsi minuman ringan karena menyukai minuman berperisa, Anda dapat mencoba minuman infused water. Rasa dari infused water mungkin tidak sekuat minuman ringan yang biasa kita konsumsi, namun infused water dapat menjadi salah satu  alternatif minuman berperisa yang memiliki kalori sangat sedikit bahkan nyaris tidak memiliki kalori.

4. Cara sehat minum vitamin

Dengan membuat minuman infused water dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Hal ini  dikarenakan bahan yang kita gunakan tentunya dari buah ataupun sayuran yang banyak mengandung vitamin. Selain itu juga tidak mengkonsumsi gula yang berlebih karena kita menggunakan pemanis dari buah atau sayur yang kita buat.
vina191214.blogspot.com

Penting untuk dipahami

Infused water sebagai alternatif bagi kita yang tidak suka minum air putih. Selain itu kebutuhan vitamin dan juga mineral juga telah kita dapatkan dari buah atau sayur yang kita racik. Tentu saja harus memilih buah atau sayuran yang tepat, bersih dan juga higienis. Selain mengkonsumsi infused water tentu saja yang tidak kalah penting kita juga harus mengatur pola makan dan juga istirahat yang cukup. dan yang tidak kalah penting adalah olahraga yang teratur. Agar manfaat dari minuman infused water ini lebih optimal.

                         vina191214.blogspot.com

Bagaimana cara membuat infused water?

Cara membuat infused water sangat sederhana dan tidaklah sulit. Yang kita butuhkan hanyalah air matang dan pilihan buah-buahan, sayuran, serta rempah-rempah sesuai dengan yang Anda sukai dan tentu saja apa rasa yang kita inginkan. Pilihlah jenis buah seperti jeruk, lemon, mangga strawbery, ataupun apel. Dapat juga ditambah dengan rempah-rempah ataupun herbal seperti jahe dan daun mint, untuk memperkuat rasa. Pastikan kita cuci bersih bahan-bahan tersebut sebelum kita potong-potong. Masukkan buah yang telah kita potong ke dalam botol kemudian tuangkan air matang. Rendam buah selama kurang lebih satu sampai 6 jam dalam kulkas. Disarankan menghabiskan infused water dalam 1 hari apalagi kalau tidak disimpan dalam kulkas.

Resep infused water yang bisa  dicoba di rumah

berikut beberapa kombinasi resep infused water yang segar, bergizi, dan tidak pahit:

1. Mentimun, lemon, dan daun mint
Siapkan wadah botol berisi air matang. Lalu masukkan 1 buah mentimun ukuran sedang, dikupas dan diiris tipis-tipis. 1 buah lemon ukuran sedang, potong-potong. Serta 4-6 buah daun mint segar. Aduk semua bahan dan masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam.
2. Stroberi, kiwi, dan daun mint
1 buah kiwi ukuran sedang, kupas dan potong-potong. 6 buah stroberi, iris tipis. 4-6 buah daun mint segar, agak dihancurkan agar aromanya keluar. Tempatkan semua bahan ke dalam wadah botol. Tambahkan air matang. Aduk-aduk lalu tutup rapat. Simpan dan diamkan di kulkas selama beberapa jam.
3. Pir, kayu manis, jahe
1 buah pir yang sudah matang, diiris tipis-tipis. 2 batang kayu manis ukuran besar. 1/2 teh jahe parut segar. Masukkan semua bahan ke dalam wadah botol dan tambahkan air matang. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam.
4. Anggur, apel, dan jeruk
4-5 buah anggur, dibagi menjadi dua bagian. 1 buah Apel hijau atau merah sesuai selera Anda, lalu iris tipis-tipis. 1 buah jeruk ukuran sedang, ambil daging buahnya saja. Masukkan semua bahan ke dalam botol minum. Isi dengan air dan masukkan ke dalam kulkas agar sari buahnya keluar.
5. Nanas dan daun mint
Kupas dan iris tipis buah nanas ukuran sedang. Semakin tipis buah nanas yang diiris, maka rasa yang dihasilkan akan semakin kuat. 4-6 buah daun mint segar, sedikit dihancurkan agar aromanya keluar.
Masukkan dalam sebuah wadah botol minum dan tambahkan air matang. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam agar sari buah nanas dan daun mint keluar.
6. Apel dan kayu manis
seperempat apel merah yang sudah dipotong tipis-tipis. 1 batang kayu manis utuh. Tambahkan air dingin sekitar 1 liter dan simpan langsung di dalam kulkas. Air dingin diperlukan agar warna apel tidak berubah menjadi coklat.
Resep di atas hanya sebatas referensi. Anda bisa berkreasi menggunakan buah, sayuran, dan herbal lainnya sesuai dengan kesukaan Anda.



Selamat mencoba!



4 Responses to "Infused water apa mengapa dan bagaimana cara membuat"

  1. Waah aku teringatkan untuk rajin bikin dan minum infused water lagi setelah lihat post ini ...
    Terimakasih ya udah diingetin lagi.

    Dulu cuma lemon yang kupilih buat bahan buahnya.
    Perlu dicoba juga nih jenis buah-buahan diatas.

    BalasHapus
  2. @himawan ya mas saya juga dulu taunya cuma lemon sekarang sudah mulai coba apel juga selain enak juga bermanfaat bagi tubuh

    BalasHapus
  3. Ohh ternyata kita samaan yaaa .. dulu taunya cuma lemon yang bisa dijadiin infused water wwwkkk ..
    Ternyata buah lain pun bisa :D

    Sepertinya kalau apel, airnya ada rasa manisnya ya, kak .. juga wangi :).
    Seger pastinya.

    BalasHapus
  4. betul mas tapi ya itu kalau apel harus cepet habis soalnya gak kuat lama emang ada manis manisnya gitu

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel