3 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini




Orang tua mana yang tidak ingin memiliki anak cerdas? Semua pasti memimpikannya. Karena dengan memiliki anak yang cerdas, itu sangat membanggakan orang tua dan memudahkan mereka mendapatkan karier di masa depan. Sebelum terlambat, Anda bisa mulai menerapkan cara mendidik anak agar cerdas sejak dini berikut.

Sebenarnya tidak sulit kok mendidik anak agar cerdas, apalagi diselingi dengan beberapa cara kreatif yang secara tidak sadar melatih mereka agar terus menerus mengasah bakat dan kemampuannya. Daripada semakin penasaran, mari disimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas


1.       Melatih anak menghadapi masalah
Sejak dini, anak-anak harus mulai belajar menghadapi masalah. Ini akan memberi manfaat yang sangat besar bagi perkembangan kecerdasannya, karena ia terbiasa berpikir mencari solusi dari setiap permasalahan.

Manfaat lain yang bisa mereka dapatkan adalah menjadi pribadi yang kreatif, tidak mudah stress dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Kita ambil contoh ketika anak-anak sedang bermain robot-robotan, kemudian tiba-tiba saja tangan robotnya copot. Cobalah ajak diskusi anak-anak Anda apa yang sekiranya harus dilakukan. Hal sederhana semacam ini sebenarnya sedang melatih kemampuannya mencari problem solving. 


2.       Membiasakan anak-anak untuk membaca buku
Buku adalah jendela ilmu yang akan memberikan kita pengetahuan lebih banyak tentang dunia. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda semua untuk melatih anak-anak agar terbiasa membaca buku sejak dini.

Jika dari kecil sudah biasa membaca buku, ini akan terbawa sampai dewasa. Ketika anak-anak hobi membaca, maka pengetahuan semakin luas dan kecerdasannya semakin kuat.
Agar anak-anak tidak cepat bosan, biasakan dulu membaca cerita bergambar.

3.       Berikan gizi yang cukup
Tidak hanya mengubah kebiasaan sehari-hari, jika Anda ingin anak-anak tumbuh cerdas maka harus memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh sehari-hari.

Berdasarkan sebuah penelitian, anak-anak yang terbiasa mengonsumsi makanan olahan, mengandung tinggi gula dan berpengawet memiliki IQ lebih rendah dibandingkan mereka yang rutin mengonsumsi makanan sehat.

Untuk mendukung daya kembang anak, Anda bisa memberikan asupan berupa buah-buahan, sayur dan ikan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa buah sangat banyak sekali manfaatnya karena kandungan vitaminnya yang lengkap, begitu pula dengan sayur dan juga ikan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Demikianlah 3 cara mendidik anak agar cerdas, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.



2 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Dini"

  1. wah benar juga ya kak, anak perlu dilatih agar terbiasa baca buku, sehingga bisa nambah wawasan dan pengetahuan sejak dini ;)

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas walaupun sekarang eranya sudah digital tapi tetap harus selalu banyak membaca karena tidak ada salahnya, membaca akan menambah pengetahuan dan merupakan jendela dunia

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel