3 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin Sejak Dini




Selain membiasakan si kecil agar selalu jujur dan mandiri, orang tua juga tidak kalah penting menanamkan sikap disiplin pada anak-anak. Disiplin adalah konsisten mematuhi semua peraturan atau kesepakatan yang ada. Disiplin sangatlah penting untuk menunjang karier anak-anak dimasa depan. Kira-kira, bagaimana cara mendidik anak agar disiplin?
Yang paling penting disini adalah keputusan dari kedua orang tua. Ayah dan bunda harus sepakat untuk mendisplinkan anak dengan satu metode yang sama. Jika sudah terjalin kesepakatan, maka Anda bisa langsung menerapkan cara mendidik anak agar disiplin dibawah ini.

Tips Melatih Anak Agar Terbiasa Disiplin


1.       Mengikuti kegiatan yang membutuhkan disiplin
Penting diketahui oleh ayah dan bunda, ternyata ada lho beberapa kegiatan yang membantu membangun sikap disiplin pada diri anak-anak. Seperti menghafal Al-Quran, les bahasa Inggris, olahraga, merawat kucing dan lain sebagainya.
Beberapa kegiatan diatas menuntut anak agar bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya, sehingga secara tidak langsung akan membangun karakter disiplin pada diri anak-anak.
Silahkan ajak anak diskusi, kegiatan mana yang mereka minati. Ketika anak-anak sudah menentukan pilihan, segera daftarkan mereka di kegiatan tersebut. Biarkan anak-anak disiplin dalam menjalani tugasnya.

2.       Membuatkan jadwal kegiatan
Jadwal kegiatan adalah hal paling mendasar untuk melatih kedisiplinan didalam diri anak-anak. Buatkan jadwal kegiatan mulai dari pagi, siang, sore dan malam hari. Jangan terlalu ketat dalam membuat peraturan, supaya anak-anak tidak tertekan.
Setelah jadwal sehari-hari dibuat, berikan pemahaman untuk melaksanakannya. Biasakan anak-anak mematuhi jadwal kegiatan mereka, sehingga terbiasa disiplin.

3.       Memberikan rewards dan sanksi
Langkah terakhir untuk menyempurnakan kebiasaan disiplin dalam diri anak adalah memberi rewards dan sanksi. Setelah memiliki tanggung jawab dari kegiatannya dan jadwal kegiatan sehari-hari, berikan sanksi apabila anak dengan sengaja mengabaikannya.
Begitu pula ketika mereka mengerjakan dan mematuhinya, berikan rewards kepada anak. Hal sederhana sebagai rewards adalah pujian yang menunjukkan sikap disiplin diri.
Contoh “Wah anak bunda hebat sekali, sudah menghafal 10 bahasa inggris binatang hari ini”. Pujian seperti itu akan membuat anak-anak semakin semangat menjalankan tanggung jawab dan disiplin.
Mungkin cukup sekian dulu postingan saya tentang 3 cara mendidik anak agar disiplin, semoga bermanfaat.


0 Response to "3 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel