4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja Yang Mudah Diterapkan




Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak-anak yang mandiri, begitu pula dengan Anda. Sebenarnya tidak sulit melatih anak untuk bersikap mandiri, karena hal itu bisa dimulai dengan hal-hal kecil didalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan Anda, sudah tahu belum cara mendidik anak agar mandiri?

Mandiri adalah sikap dimana seseorang mampu mencukupi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain. Dengan sikap mandiri, maka anak-anak tumbuh dengan baik, tidak mudah bergantung kepada orang lain,  lebih percaya diri dan memiliki rasa tanggung jawab tinggi.
Mau tahu bagaimana cara mendidik anak agar mandiri? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri


1.       Melatih berpakaian sendiri
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan kemandirian pada diri anak-anak adalah melatih mereka mengenakan baju dan celana sendiri. Karena berpakaian adalah kebutuhan anak-anak, cobalah untuk melatih mereka agar berusaha memakainya sendiri.
Tetap awasi anak-anak saat berpakaian, beritahu bagaimana cara berpakaian yang baik dan benar. Jika ada kesalahan, silahkan beritahu kepada anak-anak.

2.       Mengajarkan BAB di WC
Sejak usia 3 tahun, biasakan anak-anak untuk BAB ( buang air besar ) dan BAK ( buang air kecil ) di WC. Meskipun anak-anak sering menolak, sebisa mungkin Anda harus membujuknya untuk pergi ke WC. Jangan manjakan anak-anak dengan membiarkannya BAK dan BAB secara sembarangan. Ini nanti bisa membuat anak-anak menjadi malas dan tidak mandiri.

3.       Membiasakan anak makan sendiri
Cara mendidik anak agar mandiri selanjutnya adalah melatih anak-anak makan sendiri. Kalau tidak sedari kecil dilatih, maka kebiasaan ini bisa berlanjut sampai usia TK atau bahkan SD. Penting sekali bagi ayah dan ibu supaya membiasakan anak makan sendiri. 

4.       Melatih anak-anak merapikan mainan
Salah satu tujuan menumbuhkan kemandirian pada anak-anak adalah melatih rasa tanggung jawab. Untuk memulainya, Anda bisa melatih anak-anak selalu merapikan mainannya setelah selesai bermain.
Terdengar sederhana, namun ini cukup ampuh untuk melatih kemandirian.
Demikianlah ulasan singkat tentang cara mendidik anak agar mandiri, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.


6 Responses to "4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja Yang Mudah Diterapkan"

  1. Iya betul itu teh, anak-anak memang harus diajarkan untuk manditi sedini mungkin, dengan begitu mereka akan menjadi para calon orang-orang berdasi, orang sukses maksudnya

    Dan satu lagi ada baiknya seorang anak juga harus di ajari tidur sendiri, biar enggak tidur terus sama orang tusnya, kan bahaya kalau sampsi dewasa masih tidur dengan orang tua, yang lainnya jis dah,...saya setuju sekali 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandiri sebenarnya bisa diajarkan mulai dari hal-hal yang sederhana karena anak memiliki pengetahuan yang berbeda dengan kita sebagai orang dewasa, terkmakasih kak masukannya

      Delete
  2. wah boleh juga nih kak tips nya, perlu dilatih sejak dini ya si anak agar bisa mandiri dan nggak manja selalu membutuhkan kedua orang tua, kalau sudah mandiri kan enak, jadi anak bisa belajar ttg kehidpan sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, karena pada akhirnya anak juga nanti harus bisa mandiri untuk itu bisa dilatih sejak dini

      Delete
  3. Anak pertama saya paling lama mandiri dalam makan sendiri, saking waktu kecil sering disuapin biar makannya gak berantakan hahaha.
    Emang semua harus dibiasakan sih.

    Meskipun dalam membiasakan itu juga tidak mudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang karena terlalu sayang kita tidak rela kalau anak makan sendiri padahal ini adalah salah satu cara melatih kemandirian

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel