3 Tips Mendidik Anak Agar Jujur dan Tidak Terbiasa Berbohong



Kejujuran adalah budi pekerti luhur yang dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kejujuran menjadi akhlak induk yang akan mendorong seseorang untuk berperilaku kebajikan lainnya. Seseorang yang jujur juga sangatlah dicintai oleh sesama. Maka dari itu, orang tua wajib mengetahui cara mendidik anak agar jujur berikut ini. 

Jujur adalah sikap yang berarti tidak curang, tidak berbohong dan selalu terbuka. Sejak usia dini, penting sekali bagi anak-anak supaya diajarkan sikap jujur agar setelah dewasa nanti ia tumbuh menjadi pribadi yang dipercaya dan dicintai oleh semua orang.

Ayah dan bunda pasti tidak mau dong anak-anaknya menjadi pembohong? Kalau begitu silahkan disimak beberapa cara mendidik anak agar jujur dibawah ini. 
Tips Mendidik Anak Agar Tidak Suka Berbohong

1. Memberi anak kepercayaan
Untuk melatih kejujuran anak, Anda bisa memulai dengan memberi mereka kepercayaan. Latihlah sejak usia dini supaya dewasa nanti mereka sudah terbiasa jujur.
Sebagai contoh, beri anak-anak permen cokelat favoritnya dalam jumlah banyak. Kemudian minta kepada mereka supaya membagikan permen cokelat tadi kepada temannya di sekolah.
Setelah pulang dari sekolah, coba tanyakan apakah permen cokelat tadi sudah dibagikan kepada teman atau dimakan sendiri. Dengan memberi kepercayaan seperti ini, anak-anak akan belajar bersikap jujur.  

2. Memuji anak jika bersikap jujur
Siapa sih yang tidak suka mendapat pujian? Semua pasti merasa senang ketika dipuji begitu pula anak-anak. Orang tua bisa memberikan pujian kepada anak setiap kali memberi pengakuan dan bersikap terbuka. 
Dengan pujian dari orang tua, anak-anak akan merasa aman ketika mengakui kesalahannya dan secara perlahan memahami pentingnya kejujuran. Kebiasaan ini juga bisa membantu mereka berperilaku jujur. 

3. Tidak menekan anak dan menyebutnya pembohong
Cara mendidik anak agar jujur yang terakhir adalah senantiasa bersikap baik. Ketika anak-anak berbuat salah, sebaiknya Anda tidak langsung menekan dan menyebutnya sebagai pembohong.
Bukannya kejujuran yang diperlihatkan si anak, justru mereka akan semakin menyembunyikan kesalahan. Apalagi jika sudah dicap sebagai pembohong, maka anak-anak cenderung mengulanginya kembali.

Jika mendapati anak yang berbohong, Anda bisa menceritakan pengalaman menarik ketika berkata jujur. Ini akan mencairkan suasana dan secara perlahan membuat anak luluh. 
Ketika suasana sudah dirasakan aman, anak-anak pasti tidak keberatan untuk menceritakan hal sebenarnya. Tanpa harus memukul dan memarahi si kecil, Anda pasti tahu kebenarannya.
Baiklah cukup sekian dahulu, semoga 3 cara mendidik anak agar jujur diatas bermanfaat untuk Anda semua.  


4 Responses to "3 Tips Mendidik Anak Agar Jujur dan Tidak Terbiasa Berbohong"

  1. widih, dari sekian banyak blog, rupanya ini blog pribadinya ya teh,..keren,...berbicara tentang etika anak memang haruslah dimulai dari orang tua ya teh,..seperti memberi pujian ketika jujur seperti yang teteh katakan di atas,..bisa digunakan ilmunya,...luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih terus belajar dan belajar kak, semoga menjadi orang tua yang bijak hehehehe

      Delete
  2. ternyata ada trik khusus ya kak untuk didik anak agar jujur dan nggak suka bohong, bisa dicoba nih tips nya agar kelak anak saya jadi orang jujur ya amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mas semoga bermanfaat buat kedepannya ya untuk kelak di kemudian hari

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel