Sd labschool unnes fieldtrip ke kebun wisata edukasi watusimbar


Selasa 2 April 2019 siswa sd labschool unnes kelas 5 melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yaitu field trip ke kebun wisata dan edukasi watu simbar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang alam dan juga memotivasi belajar siswa serta bagaimana cara menghargai alam. Selain pengenalan alam siswa juga diajak membuat es krim dengan bahan dasar durian kqrena di watu simbar ini memang terkenal akan kebun duriannya.

 Setelah sampai di watu simbar kami disambut oleh tim dan juga pengelola yang ada disana serta diberikan penjelasan kegiatan apa saja nanti yang akan kita laksanakan. Dimulai kegiatan membuat es krim durian, kami bersama-sama dikumpulkan di pendopo dan diberikan pengarahan. Kemudian instruktur mempersiapkan alat dan bahan yang ada yakni kompor untuk memasak kemudian mixer dan tentu saja durian sebagai bahan utama. Pertama durian yang sudah dipisahkan dari bijinya di panaskan dalam panci sampai lumer setelah itu dicampur dengan bahan khusus lalu di mixer sampai mengembang setelah mengembang adonan di masukkan dalan wadah lalu disimpan dalam freezer dalam kurun waktu tertentu dan es krim durian siap dihidangkan.

Kegiatan berikutnya adalah pengenalan berbagai tanaman yang ada di kebun wisata watu simbar. Terdapat beraneka ragam flora yang ada di kebun wisata ini aneka tanaman obat dan juga tanaman buah dan tentu saja durian yang lebih mendominasi.

Setelah berkeliling kebun watu simbar kita diajak berkumpul di lapangan untuk siap menanam tanaman. Sebelum menanam sambil melepas lelah setelah berkeliling kita bermain dahulu sambil dipandu instruktur. Kita melakukan permainan yang melatih konsentrasi.

Sekiranya bermain sudah cukup kemudian instruktur memberikan caping kepada tiap peserta. Apa fungsi caping ternyata selain supaya tidak kepanasan ternyata juga bisa untuk kipas-kipas. Kemudian instruktur memberi masing-masing peserta sebuah plastik polybag yang akan diisi tanah yang sudah dicampur dengan pupuk. Ternyata tidak mudah walaupun cuma membuka polybag dan mengisi tanah saja. Apalagi banyak yang takut sama kotor baru pegang tanah sudah minta cuci tangan tapi akhirnya berani juga dan bisa menanam tanaman dengan sempurna kalau takut kotor ya gak akan bisa belajar.

Setelah berprofesi sebagai petani dengan menanam pohon cabai lalu kami menuju ke kolam untuk menangkap ikan, inilah yang paling seru dan paling ditunggu oleh anak-anak. Kolam yang berbentuk daun dengan kedalaman kurang lebih 30 cm ini diisi dengan ratusan ikan koi. Luas kolam yang berkisar 50 meter persegi jni cukup membuat anak-anak heboh berburu ikan koi. Kurang lebih satu jam mereka berlomba menangkap ikan dan ternyata mahir juga. Semua ikan di dalam kolam habis tertangkap ada yang fapat satu, dua bahkan ada yang dapat 5.

Tak terasa sudah setengah hari kita berada di kebun wisata edukasi watu simbar lapar mulai menghantui dan sebelum makan siang kita mandi terlebih dahulu secara bergantian tapi masih ada juga yang susah diajak mandi tetep bersndam di kolam. Inilah sekelumit kegiatan fieldtrip di kebun wisata edukasi watu simbar. Sungguh menyenangkan dan kayaknya membuat ketagihan hehehe.

Info :
Kalau ingin menikmati durian bisa datang pas musim durian

Disini juga ada arena bermain dan flying fox dengan harga 10.000

Waktu buka jam 08.00 sampai 18.00

Lokasi di jalan mr. Koesbiono tjondro wibowo, pakintelan kecamatan gunung pati semarang

Tiket masuk 5.000 per orang

0 Response to "Sd labschool unnes fieldtrip ke kebun wisata edukasi watusimbar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel