Tips jitu melawan kantuk saat bekerja

vina191214.blogspot.com

Kantuk memang sesuatu yang sangat mengganggu, apalagi disaat kita sedang bekerja dan dikejar target untuk menyelesaikan pekerjaan. Tetapi kalau kita bisa mensikapi maka kantuk tidak akan mampu menyerang kita. Dibawah ini tips bagaimana mengatasi kantuk mari kita simak bersama.
1. Sedikit minum kopi
Biasanya kalau kita ngantuk justru yang kita cari adalah kopi. Memang kopi dapat mengusir kantuk karena kandungan kafein yang dapat mengusir rasa kantuk. Kafein dapat membuat sistem metabolisme dan saraf pusat terpacu sehingga konsentrasi meningkat dan tidak mengantuk. Kafein dapat diserap dalam waktu antara 30 sampai 60 menit setelah kita mengkonsumsi kopi dan akan bertahan selama 6jam. Namun apabila mengkonsumsi kopi yang berlebihan justru akan dapat membuat tubuh lelah dan kurang fokus, selain itu juga berdampak pada tubuh diantaranya mual, pusing, gemetar dan susah konsentrasi. Sebaiknya konsumsi kafein antara 200 sampai 300 miligram setiap hari atau sama dengan kurang lebih 3 gelas kopi. Karena kafein pada kopi sesungguhnya adalah sebagai stimulan sehingga setelah kafein hilang atau habis tubuh akan lelah kembali.

2. Olahraga ringan
Olahraga memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin, yakni hormon yang memicu perasaan senang apalagi olahraga pada pagi hari. Olahraga juga dapat membuat kita terbebas dari segala beban hari kemarin dan lebih fokus untuk mencapai jadwal di hari itu. Tidak harus olahraga yang berat cukup melakukan jogging atau jalan disekitar rumah sudah cukup efektif sambil menghirup udara pagi yang segar.

3. Peroleh oksigen dan hirup udara segar
Dalam kondisi yang suntuk dan lelah tentu akan mempermudah kita untuk stress dan disertai rasa kantuk yang mendera untuk itu alangkah baiknya kita buka jendela sejenak atau kalau tidak kita jalan sebentar untuk sekedar menghilangkan penat dan menghirup udara segar di luar ruangan supaya tubuh kembali fresh.

4. Konsumsi gula pasir lebih sedikit
Minuman manis ternyata juga bisa membuat lelah dan mengantuk apabila berlebihan karena banyak minuman manis mengakibatkan gula darah meningkat sehingga badan cepat lelah. Mungkin alternatif lain bisa mengkonsumsi buah yang lebih sehat.

5. Sentuh langit-langit mulut
Dengan menyentuh langit-langit pada mulut ternyata akan menimbulkan sensasi geli sehingga akan membangunkan kita dari rasa kantuk.

6. Tidur 20 menit di siang hari
Jika memang ada waktu untuk istirahat alangkah baiknya kita tidur sebentar supaya tubuh menjadi lebih bugar dan energi kembali full.

7. Buat rencana harian
Dengan membuat rencana harian maka kita akan mengatur prioritas dan tentu saja tidak akan ada waktu yang terbuang percuma.

 Demikianlah sedikit tips dan trik untuk mengarasi supaya kita tidak mengantuk semoga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

10 Responses to "Tips jitu melawan kantuk saat bekerja"

  1. Kalau saya mah dengan kopi tidak pernah tinggal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, memang pecinta kopi tak mungkin sehari tertinggal aroma kopi hehehe

      Delete
  2. Rencana harian sih sudah ada... Tidur siang juga ingin.... tapi... siang hari saya biasanya malah olahraga yaitu bal-balan sambil ngopi... kok bisa yaaa... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting terkoordinir kang...dan kita buat agenda dulu kalau mleset ya belum rejeki

      Delete
  3. Sepertinya sudah jelas: kalau ngantuk, ya tidur hahaha :))

    ReplyDelete
  4. Kalau saya dikantor dan mengantuk, saya lebih memilih untuk tidur sebentar, atau istilah kekiniannya power nap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar itu kak, akan buat badan kita lebih segar walau cuma 15 menit rasanya fresh

      Delete
  5. Kalau saya biasanya melipir ke ruang dekat mushola mini kantor, pura2 ada perlunya ternyata molor barang 30 menit di mushola wakakakkaka

    Setelah itu bangun, minum kopi, semprot face mist, muka segar lagi hahaha

    Beruntungnya dulu saya diperlukan dihampir semua bagian dalam kantor, jadi meski seruangan dengan bos, saya bebas keluyuran ke mana-mana di jam kerja hahaha

    emang ya yang namanya ngantuk saat kerja itu ya ampuuunnnn, bahkan ngeblog aja dari rumah, trus ngantuk tuh rasanya pengen gigit bantal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung emang kalau kerjanya bisa keluyuran ke mana mana jadi bisa gak ketahuan pas istirahat ya kak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel