3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Melawan Orang Tua dan Menjadi Penurut


Setiap orang tua pasti memiliki satu harapan yang sama, yaitu memiliki anak yang penurut dan patuh terhadap orang tuanya. Namun kenyataannya, ada sebagian anak yang suka dan sulit sekali diarahkan sehingga membuat orang tua merasa sangat jengkel. 

Apakah Anda juga mengalami hal ini? Kalau begitu silahkan disimak cara mendidik anak agar tidak melawan orang tua berikut. Kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan sejak dini, agar tidak terbawa sampai dewasa nanti. Harapannya adalah anak-anak selalu menghormati dan menurut apa yang diucapkan oleh kedua orang tua. 

Tanpa panjang lebar, langsung saja kita simak cara mendidik anak agar tidak melawan orang tua dibawah ini. 

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Membangkang

1.Luangkan waktu bersama anak-anak
Didalam banyak kasus, anak-anak cenderung menjadi pribadi yang suka membangkang karena kurangnya mendapat perhatian dari orang tua. Anak-anak sengaja melawan apapun yang dikatakan orang tua demi mendapatkan perhatian.

Coba koreksi terlebih dahulu, apakah selama ini Anda terlalu sibuk bekerja dan melewatkan momen bersama anak-anak? Jika jawabannya iya, maka itulah kunci dari permasalahan Anda. Mulai sekarang, luangkan lebih banyak waktu untuk bermain dan berbicara dengan anak-anak. Ketika mereka sudah merasa mendapat perhatian cukup, maka anak-anak akan berhenti melakukan hal-hal buruk yang mengundang perhatian orang tua.  


2.Memahami kondisi anak
Sebelum menghakimi dan menyebut anak sebagai pembangkang, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu kondisi anak-anak. Kira-kira apa sih  faktor yang membuat mereka suka membantah perintah orang tua?

Untuk menemukan jawabannya, Anda bisa berkomunikasi dengan si anak dan mencoba menggali faktor apa yang membuat mereka kurang suka dengan Anda sehingga tidak mau menurut. Mungkin ada keinginan mereka yang sudah Anda janjikan sebelumnya namun sampai sekarang masih belum terpenuhi. Itu bisa juga lho menjadi penyebab utamanya.


3.Tunjukkan rasa empati Anda sebagai orang tua
Setelah Anda menunjukkan rasa kasih sayang dan mencoba memahami kondisi anak, langkah berikutnya adalah dengan menunjukkan rasa empati. Empati ini bertujuan untuk mengenal anak-anak lebih mendalam, baik itu tentang kebiasaan, hobi, perilaku anak dan hal-hal lainnya. 

Sehingga memudahkan Anda untuk mengatasi ketika anak-anak melawan orang tua. Sebaiknya jangan mengambil jalan pintas dengan membentak atau melakukan kekerasan fisik, karena ini bukanlah cara efektif dan justru membuat anak-anak semakin membangkang. 

Semoga 3 cara mendidik anak agar tidak melawan orang tua diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

4 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Melawan Orang Tua dan Menjadi Penurut"

  1. Wahhh blog yang aktif yang mana ya mba, yang postingan menanam polybag itu apakah aktif atau tidak wuehehe. Blognya banyak bangett :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ini yang paling aktif paling tidak tiap hari ada update

      Delete
  2. yang pasti ibu bapa harus terlebih dahulu tunjukkan teladan yang baik barulah anak2 akan ikut

    ReplyDelete
  3. orang tua merupakan contoh teladan bagi anak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel