3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Nakal dan Mudah Diatur




Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, namun sayang kenyataan seringkali diluar kehendak orang tua. Anak-anak jadi susah diatur, bandel dan nakal. Menghadapi dengan penuh amarah dan emosi ternyata bukanlah cara mendidik anak agar tidak nakal yang benar.

Justru ketika Anda jengkel dan marah-marah, anak menjadi lebih nakal dan bandel. Tidak percaya? Silahkan praktekkan sendiri. Untuk menghadapi anak semacam ini dibutuhkan peran dari orang tua yang sangat besar, supaya kebiasaan itu tidak terbawa sampai dewasa.
Berikut adalah 3 cara mendidik anak agar tidak nakal yang boleh dicoba.

Tips Mendidik Anak Yang Susah Diatur


1.       Lakukan pendekatan secara halus
Sebagai orang tua, wajar sekali jika Anda merasa jengkel ketika anak-anak membuat keributan ditempat umum. Seperti halnya berebut mainan dengan teman, berkelahi dan tiba-tiba mengamuk.

Ketika berada di kondisi seperti itu, sebaiknya Anda tahan emosi dan dekati anak-anak dengan sikap lemah lembut. Ajak anak menyingkir sejenak dan tanya faktor apa yang membuat mereka bertingkah seperti tadi.

Selain didorong oleh kemauan diri sendiri, anak-anak menjadi nakal juga bisa disebabkan gangguan dari luar. Alih-alih menyalahkan anak, Anda sebaiknya memahami mereka terlebih dahulu.

Jika sudah ditemukan akar permasalahannya, baru kemudian Anda bisa mencari solusi dan memberitahu anak-anak jika hal seperti itu tidak baik.


2.       Jangan memanjakan anak-anak
Kepribadian anak-anak ditentukan oleh bagaimana kebiasaan mereka sejak masih kecil. Jika Anda terbiasa memanjakan anak-anak, maka bisa dipastikan mereka akan tumbuh menjadi sosok yang mau menang sendiri dan berbuat semaunya.

Dengan tidak memanjakan anak, Anda sudah mengambil keputusan yang tepat agar mereka tidak nakal. Poin kedua ini penting, namun sayang masih banyak yang mengabaikannya. 


3.       Jangan bosan mengarahkan anak kepada hal-hal baik
Seberapa nakalnya anak-anak Anda, sebaiknya jangan pernah bosan untuk memberikan nasihat baik. Orang tua memiliki tanggung jawab besar terhadap kepribadian anak, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengarahkannya.

Meskipun anak-anak masih saja bandel dan nakal, tugas Anda adalah selalu memberikan nasihat baik. Dengan teguran-teguran semacam ini, mereka akan mulai sadar jika perilakunya salah. Secara bertahap, anak-anak mulai meninggalkan kebiasaan tersebut.

Demikianlah 3 cara mendidik anak agar tidak nakal, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.


6 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Nakal dan Mudah Diatur"

  1. Lah ini kok ..., mengingatkan masa kecilku yach hahaha ..
    Nakal bin jahil :D

    Sampai-sampai aku pernah akan diasramakan, tapi ternyata malah berujung kami sekeluarga mengalami kecelakaan sewaktu mencari asrama.

    Dari situ, aku langsung tobat, ngga nakal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, kalau cerita mas himawan sekeluarga kecelakaan itu malah bikin trenyuh saya pas membacanya

      Delete
  2. Anak sekarang didiknya gampang, kasih gocap buat beli kouta pasti nurut.. wkakak

    ReplyDelete
  3. bagus itu caranya,..bikin anak jadi nurut dah pokoknya,..kalau enggak nurut hipnotis aja teh,..atau enggak lempari barbel aja,..wkwkckk,..#candateh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sudah mulai ada tanda-tanda kekerasan ini hehehehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel