3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Pelit dan Senang Berbagi




Seiring dengan bertambahnya usia, anak-anak mulai memahami banyak hal. Salah satunya adalah kepemilikan dari benda-benda disekitar. Namanya juga anak-anak, biasanya mereka menunjukkan sikap egois dan pelit. Agar tidak kebablasan, orang tua harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak agar tidak pelit. 

Pelit adalah sifat buruk yang tidak boleh dimiliki oleh anak-anak. Sifat pelit yang terbiasa sejak kecil, harus segera diatasi agar tidak terbawa sampai dewasa. Karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Untuk membantu mengatasinya, berikut ini adalah cara mendidik anak agar tidak pelit yang cukup efektif. 

Tips Mudah Mendidik Anak Agar Mau Berbagi dan Tidak Pelit

1.Perbanyak interaksi dengan teman-teman
Salah satu faktor yang bisa membuat seorang anak menjadi pelit adalah terbiasa main sendiri. Ketika anak-anak Anda jarang keluar rumah dan hanya menghabiskan hari-harinya dengan bermain sendiri, maka nilai dan semangat berbagi pasti sangatlah kurang.

Anda bisa menyiasati hal itu dengan mengajak anak pergi ke rumah teman dan menyuruh mereka bermain bersama. Ketika mereka terbiasa berbagi mainan, maka ini bisa membantu mengusir sifat pelit dari dalam dirinya.

Begitu pula ketika ada teman yang datang ke rumah, beri pengertian kepada anak supaya meminjami mainannya dan bermain bersama. Bermain bersama pasti lebih asyik dan seru daripada bermain sendiri. 


2.Mencontohkan sikap suka berbagi
Anak adalah cermin dari orang tua mereka. Ketika anak-anak menunjukkan sifat pelit, cobalah instropeksi diri terlebih dahulu apakah Anda pelit atau tidak. 

Agar sifat pelit didalam diri anak hilang, Anda bisa memulainya dengan mencontohkan sikap suka berbagi. Anak-anak yang melihat orang tuanya berbagi, pasti juga akan mengikutinya. Secara bertahap, semangat berbagi didalam diri anak juga semakin besar. 


3.Menanamkan kepada diri anak pentingnya memiliki sifat berbagi
Sebagai penyempurna cara mendidik anak agar tidak pelit pada kesempatan kali ini, maka Anda jangan bosan memberikan pengertian betapa pentingnya berbagi. Dengan berbagi, kita bisa meringankan beban orang lain dan membuatnya lebih bahagia.

Dengan pengertian-pengertian semacam itu, anak-anak pasti tidak akan merasa keberatan jika harus berbagi dengan teman-temannya.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dulu postingan saya tentang cara mendidik anak agar tidak pelit dan semoga bermanfaat. 

6 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Pelit dan Senang Berbagi"

  1. Trims mba ulasannya. Agak sedih jg liat anak yang kurang suka berbagi.

    ReplyDelete
  2. Perlu suri tauladan dari orang tua juga untuk hal ini

    ReplyDelete
  3. Anakku termasuk kurang suka berbagi mungkin penyebabnya ia jarang berinteraksi dengan teman sebayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi kak, karena walau bagaanapun anak seyogyanya biar bermain dengan teman seusianya

      Delete
  4. pelajaran tentang berbagi memang penting ya teh,.ea

    ReplyDelete
  5. Kalau dari kecil anak tak diajari berbagi nanti keterusan sampai dewasa, krn ada orang kaya tapi pelit jadi suka buat omongan orang

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel