3 Cara Mengajarkan Anak Minta Maaf Yang Mudah Dicoba



Selain mengajarkan anak-anak tentang materi pelajaran di sekolah, orang tua juga tidak kalah penting membangun karakter anak yang baik sejak dini. Salah satunya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengajarkan anak meminta maaf. Ini adalah didikan supaya anak-anak memiliki mental berani mengakui kesalahannya.

Minta maaf sama pentingnya dengan mengucapkan terima kasih, sehingga sudah seharusnya dibiasakan sejak dini. Saat dewasa nanti, anak-anak tidak akan takut berbuat salah dan berani mengakui kesalahannya. Bukankah itu karakter yang baik?

Tanpa panjang lebar, langsung saja disimak beberapa cara mengajarkan anak meminta maaf berikut ini. 

Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Takut Minta Maaf

1.Mencontohkan langsung
Lagi-lagi disini membutuhkan suatu aksi nyata dari orang tua, yaitu mencontohkan bagaimana meminta maaf. Ketika anak-anak melakukan kesalahan, bunda bisa memintakan maaf untuk si kecil.
Ketika anak-anak melihat kebiasaan seperti ini, mereka pasti akan menirunya. Apalagi dilingkungan keluarga, Anda dan pasangan harus menjadi contoh yang baik untuk anak-anak.

Biasakan saling meminta maaf setiap kali melakukan kesalahan, supaya mereka semakin sadar jika itu adalah perilaku yang baik dan sudah seharusnya dicontoh.

2.Memberitahu kapan waktu meminta maaf
Selain memberi contoh, orang tua juga harus mensosialisasikan kapan waktu yang tepat untuk meminta maaf kepada orang lain. Yang paling utama adalah ketika berbuat salah, kurang sopan dan berbohong. Dengan demikian, anak-anak bisa mengetahui kapan sih harus meminta maaf.

3.Mengenalkan apa itu minta maaf
Langkah terakhir yang bisa orang tua lakukan adalah mengenalkan anak-anak arti minta maaf sesungguhnya. Tanamkan sejak dini apabila minta maaf bukanlah sesuatu yang memalukan, namun justru suatu sikap yang membanggakan.

Minta maaf adalah budi pekerti luhur, karena tidak semua orang bisa lapang dada mau mengakui kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat.

Supaya dalam proses pembelajaran ini berjalan baik, jangan lupa untuk memberikan anak-anak rewards setiap kali meminta maaf. Hal itu bisa dimulai dengan memeluk sang anak dan mencium keningnya.

Bagaimana, sangat mudah dan simpel sekali bukan cara mengajarkan anak minta maaf? Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

1 Response to "3 Cara Mengajarkan Anak Minta Maaf Yang Mudah Dicoba"

  1. wah harus telaten dan sabar ya kak dalam mendidik anak agar bisa membiasakan diri meminta maaf kalau berbuat salah, bisa dicoba nih tips nya ya ;) makasih :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel