4 Cara Mendidik Anak Yang Malas Ke Sekolah, Dijamin Ampuh!



Sejak usia dini, orang tua sudah memasukkan anak-anak ke sekolah dengan harapan bisa mendapat pendidikan yang layak. Namun permasalahannya, seringkali anak-anak mogok dan tidak mau sekolah, sehingga membuat orang tua merasa jengkel. Untuk menghadapi situasi semacam ini, Anda bisa menyimak beberapa cara mendidik anak yang malas ke sekolah berikut.

Daripada terus menerus memarahi dan menuduh anak macam-macam, sebaiknya Anda bersikap lebih lembut kepada anak dan mencari tahu akar permasalahannya. Karena hanya dengan begitu, kita bisa mencari solusi terbaiknya.

Kalau begitu langsung kita simak cara mendidik anak yang malas ke sekolah berikut ini. 
Tips Efektif dan Ampuh Untuk Mengatasi Anak Malas Ke Sekolah

1.Ajak anak bicara
Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban Anda mengambil keputusan yang bijak untuk membantu mengatasi masalah si anak, bukannya marah-marah tidak karuan yang bisa membuat anak semakin tertekan.

Silahkan ajak anak bicara, apa sih yang sedang mengganggu mereka sehingga malas ke sekolah. Pada umumnya, faktor dari teman-teman memberi pengaruh yang besar. Mungkinkah karena teman-teman yang usil, tidak mau berteman atau selalu mengganggu. Ketika sudah menemukan akar permasalahan, segera pikirkan solusinya. 

2.Membujuk anak-anak dengan hal menarik
Jika anak-anak malas sekolah ternyata bukan karena faktor diganggu teman, maka Anda bisa mencari jalan keluar yang lebih mudah. Karena anak-anak menyukai hal yang unik dan menarik, Anda bisa membujuknya dengan itu.

Semisal membelikan tas bergambar kartun, kotak pensil yang cantik, dan menjanjikan hadiah-hadiah lain ketika mereka rajin ke sekolah. Langkah seperti ini dirasa cukup efektif, sehingga Anda tidak perlu memarahi mereka habis-habisan. 

3.Memberi hukuman
Jika langkah kedua masih tidak berhasil, maka cara mendidik anak yang malas ke sekolah selanjutnya adalah dengan memberi hukuman. Walaupun memberi hukuman, jangan langsung membuat mereka tertekan apalagi sampai hukuman fisik.

Hukuman bisa dimulai dari hal sederhana seperti tidak membelikan mereka mainan, tidak memberi uang jajan dan lain sebagainya. 

Ketika anak-anak sudah mulai mau pergi ke sekolah, Anda bisa menjanjikan sebuah reward. Semisal mengajak jalan-jalan di akhir pekan atau membeli makanan favorit.  

4.Konsultasi dengan guru di sekolah
Sebagai langkah terakhir, Anda bisa konsultasi kepada guru. Ketika anak-anak Anda tidak mau mengaku masalah apa yang sedang dihadapinya disekolah, maka Anda bisa langsung menemui wali kelas.

Mungkin saja anak-anak menjadi malas karena terlalu takut dengan temannya, sebab kasus bullying semakin marak terjadi. Mintalah bantuan kepada wali kelas supaya memperhatikan keseharian anak disekolah, supaya anak-anak bisa merasa lebih aman.



Itu tadi adalah 4 cara mendidik anak yang malas ke sekolah, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.  

1 Response to "4 Cara Mendidik Anak Yang Malas Ke Sekolah, Dijamin Ampuh!"

  1. Ya reward dan punishment juga bisa memberi semangat pada snak sehingga anak menjadi rajin sekolah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel