3 Cara Mendidik Anak Hidup Hemat, Bisa Dimulai Sekarang Juga!



Hidup hemat adalah kebiasaan yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini, supaya setelah dewasa nanti mereka bisa mengelola keuangan dengan baik. Hidup hemat menjadi salah satu kunci kesuksesan, supaya setiap kali menerima gaji tidak habis bengitu saja. Oleh karena itu, setiap orang tua harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak hidup hemat.

Hidup hemat berarti hanya membeli kebutuhan dan menyingkirkan keinginan-keinginan yang kurang penting. Jika sudah terbiasa sejak kecil, anak-anak bisa menyisihkan uang mereka untuk investasi dan menabung.

Apakah Anda ingin anak-anak bisa mengelola keuangan dengan baik? Simak beberapa cara mendidik anak hidup hemat di bawah ini. 

Tips Supaya Anak Terbiasa Hidup Hemat

1.Membiasakan anak menabung
Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua adalah membelikan anak-anak celengan. Minta kepada mereka supaya selalu menyisihkan uang jajannya untuk dimasukkan ke dalam celengan.

Dengan membiasakan menabung, maka tidak akan sulit bagi anak untuk menerapkan gaya hidup hemat dikemudian hari. 

Tidak perlu menentukan uang yang dimasukkan kedalam celengan, yang paling penting adalah konsistensi anak-anak dalam menabung. Usahakan setiap hari memasukkan uang jajan ke celengan, bisa dimulai dengan Rp. 500, kemudian Rp. 1000 dan seterusnya.

Ketika anak-anak sudah terbiasa menyisihkan uang, maka dewasa nanti mereka bisa dengan mudah menyisakan gaji per bulan untuk mengisi tabungan. Tabungan itu bisa dipakai untuk investasi atau mulai berbisnis. 

2.Menjelaskan perbedaan keinginan dan kebutuhan kepada anak-anak
Jangan hanya mengajarkan anak-anak menabung, namun jelaskan kepada mereka apa sih yang dimaksud keinginan dan kebutuhan itu.

Keinginan adalah segala sesuatu yang kurang penting. Seperti membeli mobil-mobilan, pakaian edisi kartun terbaru, sandal karakter dan sebagainya.

Disisi lain, kebutuhan adalah segala sesuatu yang sangat penting. Seperti makanan, minuman dan tas sekolah. 

Berikan contoh-contoh yang mudah dipahami oleh si kecil, supaya mereka bisa segera memahami mana kebutuhan dan keinginan. 

3.Membantu anak-anak menabung
Untuk menumbuhkan semangat didalam diri anak-anak agar selalu rajin menabung, Anda bisa membantu memasukkan uang ke celengan. Namun jangan setiap hari, nanti anak-anak justru bergantung kepada Anda untuk mengisi celengan. 

Jadi sistemnya begini, Anda bisa menjanjikan Rp. 10.000 di hari Minggu, apabila hari Senin-Sabtu anak-anak menabung secara rutin. 

Demikianlah postingan saya tentang 3 cara mendidik anak hidup hemat, semoga bermanfaat. 


6 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Hidup Hemat, Bisa Dimulai Sekarang Juga!"

  1. perlu banget ini kak untuk membiasakan anak hemat dan nggak boros, mulai dari kecil, karena semakin tumbuh dewasa maka kebutuhannya bertambah banyak, sehingga bisa hemat dalam membelanjakan uang ya, karena sudah dilatih sejak kecil ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak perlu dimulai sejak dini dalam mengajari anak untuk selalu diaiplin dalam hal pengeluaran

      Delete
  2. bener bgt kak,, penting banget untuk mendidik anak hidup hemat.
    ku juga lagi berusaha mengajarkan anak untuk biasa menabung.
    semoga bisa jadi kebiasaan baik sampai besar nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya diajari menabung misalnya kalau anak pengen membeli mainan yang dia sukai harus menabung dulu jadi anak akan merasa lebih puas walau harga tidak seberapa

      Delete
  3. Kebiasaan menabung nih bagus banget dibiasakan sejak dini.
    Anak pertama saya udah saya biasakan sejak dia PG, saya belikan celengan trus dia masukin semua koin yang dia temukan hahaha

    Sayangnya sekarang udah agak malas nabung, saya ganti dengan nabung ala-ala bank.
    Ada buku tabungannya, dan dia bisa tarik uangnya buat beli barang kesukaannya.
    Hal itu yang bikin dia semangat nabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau ala bank di aekolah biasanya ada anak saya juga giru suka banget nabung kalau mobil banknya datang setiap 2 minggu sekali dia pasti suka ngantri sama teman teman walau masih playgroup juga

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel