3 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Pemalu dan Lebih Percaya Diri



Masing-masing anak memiliki karakter yang berbeda, ada yang pemalu dan ada juga yang pemberani. Anak-anak yang pemalu cenderung diam dan kurang bisa bergaul dengan teman-temannya. Karena bisa mempengaruhi perkembangan si buah hati, penting bagi orang tua mengetahui cara mendidik anak agar tidak pemalu.

Pada dasarnya, rasa malu ini tumbuh karena kurangnya interaksi anak-anak dengan lingkungan sekitar. Rasa malu tidak boleh diabaikan begitu saja, karena bisa mempersulit anak-anak mengeluarkan potensinya.

Agar anak-anak bisa tampil lebih berani dan percaya diri, maka perlu mendapatkan bimbingan khusus dari orang tua. Jika belum mengetahuinya, langsung saja disimak cara mendidik anak agar tidak pemalu berikut ini. 

Tips Membuat Anak Agar Tidak Pemalu dan Percaya Diri

1.Melatih anak-anak berinteraksi
Interaksi dengan sesama adalah hal yang penting bagi kehidupan sosial anak dimasa depan. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan agar melatih anak-anak berinteraksi sejak dini. Baik itu dengan teman-teman, guru di sekolah dan anak yang baru ditemui.
Proses mengajarkan interaksi ini juga bertahap, mulai dari yang ringan seperti berjabat tangan dan tegur sapa. Sampai dengan yang lebih intens, seperti bercanda dan bermain bersama.
Ketika anak-anak mulai belajar interaksi, maka ini sangat baik bagi perkembangannya. Salah satunya adalah meningkatkan rasa percaya diri.


2.Berikan empati
Tips mendidik anak agar tidak pemalu selanjutnya adalah memberikan empati. Semisal anak-anak merasa takut ketika bertemu dengan orang baru dan malu untuk berinteraksi, sebaiknya Anda memberikan pengertian jika tidak sepantasnya merasa takut.

Ajak bicara baik-baik kepada si anak, apa yang membuat mereka takut. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa menceritakan pengalaman terdahulu bagaimana Anda mengatasi rasa malu tersebut. Dengan demikian, anak-anak bisa terbantu dan termotivasi agar tidak menjadi pemalu lagi.


3.Kenali anak-anak mengapa menjadi pemalu 
Penting diketahui, apabila anak-anak menjadi pemalu pasti ada sebabnya. Baik itu pola asuh yang salah, pengalaman buruk di depan umum, kurang bermasyarakat dan over protektive sehingga membatasi anak-anak berinteraksi.

Dengan mengetahui faktor penyebab, maka memudahkan Anda mencari solusinya. Bantulah anak-anak Anda keluar dari masalahnya itu.

Demikianlah postingan saya tentang cara mendidik anak agar tidak pemalu, semoga bermanfaat.  

5 Responses to "3 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Pemalu dan Lebih Percaya Diri"

  1. Terimakasih banyak infonya,.. http://bit.ly/2VroxyC

    ReplyDelete
  2. Satu lagi dan mungkin tipsku ini sedikit berguna, kak :)

    Di keluarga kami membiasakan diri untuk tidak mengomentari negatif juga menegur anak di depan umum.
    Dengan catatan, selama ia bersikap atau berbuat baik.

    Contohnya: ponakanku cewek mau berfoto bergaya 'nyleneh' sesuai kemauannya sendiri apa saja di depan umum, kmi biarkan.
    Malah sering kami celetukin 'bagus begitu gayanya, ayo lanjutkan lagi'.

    Jadinya sampai sekarang dia selalu tampil pede di depan umum.

    ReplyDelete
  3. terima kasih berkongsi ilmu baru hari ini...

    ReplyDelete
  4. mantap nih infonya,..cara ampuh untuk menghilangkan sikap malu dan introvert yang berlebihan,..boleh dicoba nih teh

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel