Materi IPA kelas 4 Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya


Tumbuhan memiliki bagian-bagian penting yang bertugas dalam kelangsungan hidupnya. Bagian-bagian utama tumbuhan yaitu akar, batang, daun, dan juga bunga. Berikut penjelasan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya.
1. Akar
Adalah bagian dari tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah, tetapi ada pula yang berada di permukaan tanah contohnya adalah mangrove. Fungsi dari akar adalah untuk menegakkan batang. Selain itu akar juga berfungsi menyerap air dan juga zat hara yang berada di dalam tanah. Pada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

Berdasarkan bentuknya akar dibedakan menjadi 2 yaitu :
a. akar tunggang
Adalah akar utama yang tumbuh dari biji, tegak kebawah dan dari akar utama akan keluar cabang akar. Contoh tanaman yang memiliki akar tunggang adalah  jambu biji, durian. Biasanya akar tunggang dimiliki oleh tanaman yang berkeping dua atau dikotil.
b. akar serabut
Merupakan akar yang keluar dari pangkal batang utama dan umumnya bergerombol sebagai pengganti akar tunggang yang tidak berkembang. Contoh tanaman yang memiliki akar serabut adalah pepaya, tebu, padi, jagung dan masih banyak yang lainnya. Biasanya tanaman yang memiliki akar serabut adalah berkeping satu atau monokotil.

2. Batang
Adalah bagian dari tanaman yang berada di atas tanah. Fungsi dari batang adalah untuk mengangkut air serta garam mineral dari akar ke daun. Beberapa jenis tanaman ada yang memiliki batang yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan contohnya adalah tebu dan sagu.

3. Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan yang berbentuk lembaran dan tumbuh pada cabang-cabang batang. Fungsi dari daun adalah tempat membuat makanan serta tempat keluarnya uap air dan juga oksigen. Pada beberapa tanaman ada yang daunnya berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan contohnya adalah bayam.

4. Bunga
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan pada sebagian besar tanaman. Bunga berasal adri modifikasi daun. Proses terjadinya perkembangbiakan pada tanaman yang terjadi di bunga adalah ketika putik di serbuki oleh serbuk sari maka akan terjadi pembuahan yang dapat menghasilkan biji.

0 Response to "Materi IPA kelas 4 Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel