Contoh amanat pembina upacara hari pahlawan


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Yang saya hormati  bapak kepala sekolah  ..........
Yang terhormat ibu/bapak guru dan
karyawan  ...... serta anakku sekalian
yang bapak cintai

Alhamdulillah puji syukur marilah selalu kita panjatkan kepada Allah swt yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua sehingga di pagi hari yang cerah ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda nabi besar Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat, kerabat dan umatnya sampai akhir zaman.

Pertama-tama Bapak ucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang telah melaksanakan upacara dengan baik dan juga kepada para peserta yang sudah berbaris dengan rapih

Pada hari ini akan Bapak sampaikan amanat pembina upacara dengan tema Pahlawan.

Pahlawan  adalah orang yang telah memiliki jasa dan  pengorbanan yang sangat besar, bahkan sampai jiwa dan raganya. Jasa dan pengorbanannya sangat bermanfaat bagi, agama, bangsa, dan negara. Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945. Peristiwa ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu sekitar 6000 sampai 16.000 pejuang Indonesia gugur dalam  pertempuran melawan para penjajah, sekitar 200.000 rakyat sipil mengungsi keluar dari surabaya sedangkan dari pihak penjajah hanya sekitar 600 sampai 2000 yang tewas.Latar belakang pertempuran  tersebut adalah berkibarnya bendera Belanda di Hotel Yamato di Surabaya (sekarang Hotel Majapahit), padahal Indonesia sudah  merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ada berbagai cara untuk menghargai pahlawan  misalnya mengisi  kemerdekaan ini sesuai dengan keahliannya masing-masing. Sebagai seorang  siswa mengisinya dengan belajar yang baik. Apakah kegiatan siswa hanya belajar saja? Tentu tidak. Kegiatan siswa sangat banyak misalnya, pada jam 7.00 pagi mengawali KBM dengan shalat dhuha, Jam 10 beristirahat dengan bermain atau kegiatan santai lainnya. Jam 12 siang  shalat  Dzuhur berjama’ah, lalu makan siang dan istirahat. Pada saat-saat tertentu siswa melaksanakan  olahraga atau latihan serta kursus dan lain-lain. Piket siswa bekerja menyapu ruangan  kelas sebelum pembelajaran dimulai dan sebagainya. Bila seorang siswa tidak mau melaksanakan piket maka siswa tersebut tidak memiliki sifat kepahlawanan.  Karena salah satu dari sifat kepahlawanan adalah mau bekerja keras, disiplin, rela berkorban, berjiwa besar, cinta tanah air dan masih banyak yang lainnya.

Demikian amanat dapat bapak sampaikan semoga bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kekurangan atau kesalahan. Assalamu’alaikum Warahmatullah wa barakatuh.

0 Response to "Contoh amanat pembina upacara hari pahlawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel