3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Main Hp Terus Menerus



Di zaman seperti sekarang, sulit sekali rasanya jika harus menjauhkan anak-anak dari yang namanya gadget. Sebab, hp android seolah-olah sudah menjadi teman terbaik bagi sebagian anak. Untuk membantu mengatasi kecanduan gadget, kali ini saya akan berbagi cara mendidik anak agar tidak main hp secara terus menerus.

Jangan dianggap sepele, kecanduan bermain gadget adalah salah satu permasalahan yang serius. Akibatnya membuat anak-anak menjadi malas belajar dan tidak suka bermain bersama teman-teman yang lain. 

Silahkan disimak cara mendidik anak agar tidak main hp berikut, supaya buah hati Anda pelan-pelan bisa dijauhkan dari gadget. 

Tips Supaya Anak Tidak Kecanduan Bermain Hp

1.Memberikan mainan alternatif
Penting orang tua ketahui, apabila anak-anak menjadi sering bermain hp mungkin karena merasa bosan dan tidak memiliki barang lain untuk dimainkan. Untuk mencoba keluar dari kecanduan gadget, Anda bisa membelikan anak-anak boneka yang imut, robot keren, mobil-mobilan dan sebagainya.
Jangan lupa untuk sering-sering mengajak anak ke rumah teman, supaya mereka bisa bermain bersama dan tidak bosan cepat bosan. Dengan strategi seperti ini, anak-anak memiliki aktifitas menarik sehingga bisa lupa dari cengkraman gadget.

  
2.Mengajak anak bermain bersama
Apakah Anda benci anak-anak bermain gadget sepanjang hari? Maka dari itu mulai sekarang luangkanlah waktu untuk bermain bersama mereka. Anak-anak butuh teman yang bisa menghibur dan membuat hari-harinya merasa ceria.

Jika Anda saja super sibuk dan tidak sempat bermain bersama, mereka pasti mencari hal yang menyenangkan untuk mengusir kebosanan. Pada akhirnya, bermain game di gadget menjadi pilihan terbaik. Cara mendidik anak agar tidak main hp ini tergolong sangat ampuh, karena anak-anak mempunyai kegiatan yang lebih seru daripada bermain gadget. 


3.Batasi penggunaan gadget
Setelah Anda sudah membelikan mainan, mengajak anak bermain bersama dan sering ke rumah teman, sekarang saatnya Anda mulai mengurangi waktu bermain gadget. Jangan langsung melarangnya, namun batasi penggunaan secara bertahap.
Jika biasanya anak-anak menghabiskan 6 jam bermain gadget, maka besoknya Anda membatasi bermain gadget selama 5 jam, kemudian 4 jam dan seterusnya. Pelan tapi pasti, anak-anak bisa keluar dari yang namanya kecanduan gadget.


Demikianlah postingan saya tentang 3 cara mendidik anak agar tidak main hp terus-menerus. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

9 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Tidak Main Hp Terus Menerus"

  1. So helpful

    Ponakan ku semuanya kecanduang HP -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,semoga bisa berkurang kecanduannya

      Delete
    2. Ponakanku cowok jugaaa ...

      Henpon tuch ngga pernah lepas dari tangannya.
      Kecuali ..., pas saat mandi dan ke toilet ... Ckkkckk

      Delete
  2. Jadi inget pernah liat ada anak yang lagi main ke tempat mandi bola malah main hape di dalam. Lucunya anak yang lain jadi pada ikutan liatin dia main. Mang anak sekarang canggihnya kebablasan, ponakanku yang umur dua tahun aja dah lihai banget megang hapenya. Bahayanya memang klo dah keterusan y, takutnya susah dilepas dari hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lempari barbel aja mas anaknya,...pasti dilepas hpnya,..wkwkckk 😀

      Delete
    2. Weh jangan serem serem bang hehehehe

      Delete
  3. Bermanfaat sekali infonya teh, semoga aja anak-anak indonesia bisa tumbuh sehat ya tanpa gadjet 😀

    ReplyDelete
  4. Kadang bingung juga sih, kak ...

    Ponakanku cowok itu dari piyik udah ngerti gunain henpon, sekarang keterusan.
    Diomelin untuk berhenti bentaran saja main henpon, maraaah ..

    Akhirnya dicuekin ngga ditegur ..daripada yang ada malah jadi adu mulut kayak adegan ala sinetron ..
    Wwwkkkk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel