5 Tips Liburan menyenangkan dan berkualitas serta tidak menguras kantong



Tak terasa sudah memasuki akhir tahun waktu liburan kembali datang, dan tentu saja kita harus membuat perencanaan yang matang. Karena walau bagaimanapun waktu liburan adalah waktu yang sangat berkualitas bersama keluarga karena sudah jenuh dengan rutinitas harian yang selalu disibukkan dengan pekerjaan. Liburan tidak harus pergi ke luar negeri, di negara sendiri juga banyak tempat wisata yang sangat indah dan menyenangkan untuk kita kunjungi. Marilah kita simak tips liburan menyenangkan dan tentunya berkualitas. 

1. Survey tempat tujuan
Melakkukan survey terhadap lokasi liburan akan memudahkan bagi kita saat berada dan menuju ke sana. Untuk itu tentulah kita harus memastikan tempat tujuan liburan. Disamping memudahkan kita menuju lokasi, tentunya kita juga bisa memperkirakan keuangan yang harus kita siapkan karena tentunya kita akan tahu biaya di lokasi liburan tersebut. Survey sendiri tidak harus datang ke lokasi tujuan karena saat ini sudah banyak media yang meliput tempat wisata yang menarik dan tentunya sudah mencantumkan harga juga. 

2. Lakukan pemesanan sebelumnya
Dengan melakukan pemesanan sebelumnya dan bahkan mungkin bisa beberapa bulan sebelumnya, tentunya kita harus tau kapan kita ambil liburnya dan juga anak-anak perkiraan tanggal berapa libur sekolah maka akan memudahkan dalam melakukan pemesanan. Entah itu untuk transportasi, hotel ataupun tempat wisata. Banyak sekali aplikasi yang menawarkan dengan harga bersaing. Dan biasanya kalau kita pesan lebih awal akan mendapat harga spesial mungkin malah diberikan hadiah menarik.

3. Utamakan kenyamanan
Yang paling penting saat liburan adalah nyaman. Jangan sampai dengan kita liburan yang hemat tapi malah tidak nyaman sehingga akan mengurangi kualitas liburan kita. Nyaman tidak harus mewah tetapi harus tetap sesuai pada porsinya. Yang penting anggota keluarga bisa merasa aman nyaman dan juga bahagian serta terkesan dengan liburan yang di laksanakan saat itu.

4. Membeli cinderamata
Hal yang yang tidak kalah penting adalah berbelanja. entah itu sekedar kaos atau mungkin hanya gantungan kunci, itu akan bisa mengenang saat kita berlibur ke sana. Disamping tentunya foto yang tidak pernah ketinggalan. Mungkin kita bisa membeli hiasan yang bisa kita pajang di ruang tamu ataupun sekedar kaos yang akan selalu kita pakai dalam keseharian.

5. Catat pengeluaran
Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah mengendalikan pengeluaran. Karena walau bagaimanapun setelah liburan kita akan kembali ke kehidupan yang nyata yaitu rutinitas sehari-hari. Jangan sampai selesai liburan uang juga ikut selesai dan akhirnya bingung untuk memulai hari karena sudah minus dipakai buat liburan. Untuk itu sangat perlu sekali melakukan pencatatan pengeluaran saat liburan. Tentu saja harus menggunakan skala prioritas.


Demikianlah sekilas tips menghadapi liburan. Semoga liburan kita menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan bagi kita dan keluarga. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati selama perjalanan.

6 Responses to "5 Tips Liburan menyenangkan dan berkualitas serta tidak menguras kantong"

  1. Wah makasih kak untuk tips nya, boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
  2. persiapan sebelum liburan hehehe

    ReplyDelete
  3. Nice tips, saatnya hunting tiket promo jauh sebelum hari H, itu kuncinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, ayo manfaatkan yang bisa kita manfatkan hehehehe

      Delete
  4. Pas banget nih mau masuk musim liburan. Biasnaya kl q kudu bikin itinerary beserta perkiraan costnya biar nggak salah prediksi. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya keuangan harus dihitung secara matang ya kak...hehehehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel