5 tips jitu agar sayuran tetap segar di kulkas



Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dalam keadaan sehat. Tak terasa sudah hampir tiga minggu kita melakukan segala kegiatan dari rumah aliah work from home(WFH). Sesuai dengan anjuran pemerintah memang kita harus menjaga jarak sosial(social distancing) bahkan sekarang tidak hanya jarak sosial tapi harus menjaga jarak secara fisik(phisical distancing). Dan itu memang harus kita lakukan untuk dapat mencegah penyebaran virus covid-19 agar tidak merajalela. Semoga musibah ini segera berlalu.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana agar sayuran yang  kita simpan tidak cepat busuk. Memang pada kondisi sekarang ini yang mana kita tidak diperbolehkan keluar rumah kalau tidak mendesak membuat kita harus memutar otak agar apa yang ada dirumah bisa lebih efektif dan efisien. Terutama bagi ibu rumah tangga yang harus menyajikan menu tiap hari dengan beraneka ragam keinginan anggota keluarga. Tentu tidaklah mudah, karena tidak bisa setiap hari harus berangkat kepasar. Disamping menaati anjuran pemerintah kita juga harus bisa menjaga diri agara tidak tertular virus yang merebak saat ini. Untuk itu mari kita simak 5 tips agar kita dapat menjaga sayuran tetap segar saat disimpan didalam kulkas sehingga kita bisa menghemat waktu tenaga dan juga biaya.

Cara menyimpan sayuran agar tetap segar dan awet di dalam kulkas

1. Cuci sayuran sebelum masuk kulkas
Sayuran yang akan kita simpan ke dalam kulkas sebaiknya kita cuci terlebih dahulu. Mengapa harus kita cuci, hal ini ditujukan agar bakteri yang menempel pada sayuran bisa hilang. Karena bakteri yang menempel bisa menyebabkan sayuran menjadi cepat busuk. Kita bisa mencuci menggunakan sabun anti bakteri jika dirasa perlu. Setelah dicuci  sayuran bisa diangin-anginkan atau di lap tergantung jenis sayurannya supaya cepat kering. Setelah dirasa kering baru bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

2. Bungkus dengan plastik dan beri lubang
Sebelum memasukkan ke dalam kulkas, setelah kita cuci bersih, sebaiknya tempat untuk menyimpan sayuran kita beri lapisan kertas terlebih dahulu. Mengapa harus dilapisi kertas, karena kertas bisa menyerap suhu lembab dari kulkas agar tidak masuk ke dalam sayuran. Baru kemudian kita masukkan sayuran yang sudah kita bungkus menggunakan plastik. Dan ingat plastik pembungkus sayuran harus diberi lubang terlebih dahulu. Sebab sayuran juga butuh oksigen agar tidak cepat busuk, dan dapat bertahan dalam waktu lama.

3. Simpan sayuran dalam bentuk utuh
Jangan memotong sayuran yang akan di simpan ke dalam kulkas kecuali akan segera di masak. Karena dengan memotong sayuran dapat menyebabkan sayuran menjadi lebih cepat kering dan busuk. Mungkin menurut kita akan lebih mudah dan juga ringkes tidak menghabiskan tempat. Ternyata hal ini keliru.

4. Cek sayuran secara berkala
Walaupun sudah kita perlakukan sedemikian rupa agar sayuran tetap segar selama berhari-hari, namun kita wajib melakukan pemeriksaan secara berkala. Karena untuk menjaga kesegaran biasanya sayuran hanay bisa bertahan selama kurang dari tiga hari. Jika menginginkan lebih lama maka harus kita cek dan membuang bagian yang sudah layu, bahkan membusuk agar yang lain juga tidak ikut busuk.

5. Tidak semua sayuran dapat disimpan di kulkas
Pengetahuan ini wajib kita miliki. Karena biasanya banyak orang menganggap kalau disimpan dalam kulkas akan awet dan tahan lama. Misalnya bawang merah, dan juga bawang bombay sebaiknya janagan disimpan ke dalam kulkas. Karena bawang dapat menyerap kelembaban kulkas akibatnya akan cepat lembek dan berjamur. Kentang juga kurang bagus jika disimpan ke dalam kulkas, sebab dapat mengubah zat tepung yang terkandung dalam kentang menjadi zat gula. Sebaiknya kentang di simpan di tempat yang dingin dan jauh dari bawang-bawangan.


Demikianlah 5 tips supaya sayuran yang kita simpan tetap segar. Terimakasih semoga bermanfaat. 

18 Responses to "5 tips jitu agar sayuran tetap segar di kulkas"

  1. Nah poin 2 ini yang bikin salah dirumah saya, sayuran yang disimpan dibungkus dengan rapi rapat dan diikat. pantesan setelah dibuka tidak segar lagi malah jadi layu, ternyata harus dibolongi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dulu juga sukanya gitu percaya sama kulkas aja

      Hapus
  2. Ada juga yang ngasih tips dibungkus koran mba, bukan plastik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya katanya sih kalau dibungkus kertas atau koran biar gak lembab

      Hapus
  3. Sy biasanya nyetok sayuran buat 3 hri aja, takutnya kalo lebih lama udah layu walopun udh dibungkus plastik bolong atau koran, bangsa bawang slalu ditaruh di keranjang dan diangin"kan diluar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang lebih baik tidak lebih dari 3 hari agar sayuran juga tetep segar

      Hapus
  4. Wah, gimana ya? Saya ga jitu untuk hal ini. Saya skip nomor 1 dan 2. Habis belanja, biasanya sayuran langsung masuk kulkas, dalam kantong dari sananya, ga dibuka dulu atau dicuci. Ya, nyucinya sebelum masuk panci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ini pengalaman habis belanja capek ya seperti ini penting sudah masuk kulkas percaya dan yakin urusan nanti sayuran seperti apa ya pas mau diambil untuk dimasak

      Hapus
  5. Oalah sebaiknya dilapisin kertas biar nyerap lembabnya ya. Berarti udah bener dong dari tukang sayur pake koran buat bungkus cabe? Tinggal masukin plastik terus dibolong2in ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali saya kira dari tukang sayur itu karena untuk mengurangi sampah plastik jadinya pakai koran eh ternyata....

      Hapus
  6. Aww.. saya selalu memetik semua sayur, taruk di wadah berlubang, biar enak aja gitu kalo mau masak, hehe.. tapi kadang 3 hari udah layu, wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak masuk kulkas bisanya diletakkan di dekat tempat air pokoknya yang dingin-dingin

      Hapus
  7. sya baru tau kalau kentang sebainya gak masuk kulkas. selama ini selalu masukin huhuhu.
    tapi aya juga gak lama kalau nyetok sayuran paling cabe yang agak lama. ..klau lainnya paling 3 hari si..tks inpohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kalau disimpan di kulkas sok lupa malahan

      Hapus
  8. Kalau saya, sayuran keras saya bungkus pakai kertas Mba, kayak wortel dan sebangsanya.
    nggak boelh ada air sama sekali, kalau enggak jadi busuk.

    Kalau sayuran daun, biasanya saya udah potong-potong sih, cuci bersih lalu masukin wadah yang ada tutupnya.

    Sayuran daun paling lama tahan 3 harian, tapi memang lebih baik maksimal 2 hari, lewat itu udah kurang segar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak rey ini sudah sangat berpengalaman di bidang persayur mayuran hehehehe

      Hapus
  9. setuju banget, jadi cuci sayuran sebelum masuk kulkas penting untuk menjaga agar tetap segar :D

    BalasHapus
  10. Oh, harus dicuci dulu ya?
    ku malah takut jadi busuk kalo di cuci dulu.. hehe..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel