Jenis-jenis teks fiksi, contoh, dan penjelasannya



Selamat pagi adik-adik yang selalu semangat belajar walau di rumah. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai jenis teks fiksi beserta cara membedakannya. Mari kita belajar bersama.



Pada materi sebelumnya kita telah mempelajari apa itu teks fiksi. Dan juga unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah teks fiksi. Secara umum teks fiksi di bagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut :

1. Dongeng 
Merupakan suatu bentuk cerita yang bersifat khayalan, diceritakan secara turun temurun dari mulut ke mulut. Dongeng sendiri di bedakan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Legenda
Yaitu cerita rakyat pada jaman dahulu yang berhubungan dengan peristiwa sejarah. Contoh legenda diantaranya Tangkuban Perahu, Malin Kundang dan masih banyak cerita legenda lainnya.

b. Cerita jenaka
Yaitu cerita penghibur yang membangkitkan tawa serta keriangan. Contoh cerita jenaka adalah kisah Abu Nawas, Lebai Malang.

c. Saga(Sage) atau cerita panji
Yaitu cerita rakyat legendaris tentang cerita kepahlawanan atau petualangan yang mengagumkan. Contoh Lutung Kasarung, Damarwulan.

d. Fabel
Adalah cerita yang menggambarkan watak serta budi manusia yang tokohnya diperankan oleh hewan(mangandung pendidikan moral dan budi pekerti). Contoh Kancil dan Buaya.

e. Mite
Adalah cerita yang memiliki latar belakang sejarah yang dipercayai masyarakat sebagai cerita yang benar-benar tejadi, dianggap suci mengandung hal ajaib dan biasanya tokohnya adalah dewa. Contoh Cerita Dewi Sri.

2. Cerpen
Merupakan kependekan dari cerita pendek. Cerpen berisi cerita yang memfokuskan pada satu tokoh pada suatu kejadian. Biasanya cerpen tersusun minimal 20.000 kata. Contoh cerpen adalah Kemarau karya Andre Hirata.

3. Novel
Adalah karangan atau cerita rekaan yang berisi tentang rangkaian peristiwa kehidupan seseorang serta orang yang ada di sekelilingnya. Contoh novel adalah Koala kumal bahkan sudah dijadikan sebuah film.

4. Roman
Adalah sebuah kisah yang menceritakan tentang percintaan. Karakter tokoh diceritakan secara detail hampir sama seperti novel. Contoh roman adalah Siti Nurbaya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis cerita fiksi serta contohnya. Semoga bermanfaat.

6 Responses to "Jenis-jenis teks fiksi, contoh, dan penjelasannya"

  1. Wow, banyak juga ya kategori dongeng, dari legenda, cerita jenaka seperti abu Nawas, cerita Panji atau kepahlawanan seperti Jaka Sembung, fabel, dan mitos.

    Selain itu ada juga roman, novel, dan cerpen yang mana itu juga cerita fiksi.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya paling cuma yang dibaca cerita abu nawas, soalnya sekarang budaya baca sudah mulai luntur

      Hapus
  2. mengembalikan saya ke pelajaran SD SMP jaman duluh nih :D

    BalasHapus
  3. Waduh, kalau saja bisa bikin karangan apik dari kelima jenis fiksi ini .. seneng banget rasanya.
    Semua jenis bisa dikuasai dengan mahir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mas himawan sudah pasti jagonya, kalau nulis aja kalau belum berlembar-lembar gak selesai-selesai

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel