"Peduli terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan" IPA kelas 4 tema 3

 



Kita harus peduli terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan yang ada di sekitar. Contohnya terhadap hewan dan tumbuhan yang sudah membantu dan bermanfaat untuk kita. Sehingga sudah seharusnya kita untuk menjaga dan merawatnya Perhatikan gambar dibawah ini.

gambar 1



gambar 2


Tanaman atau tumbuhan diatas dapat kita lihat perbedaannya. Untuk gambar 1 tanaman yang tidak terawat akan mudah terserang hama dan penyakit. Dan tanaman tampak layu. Hal ini dikarenakan tanaman kekurangan nutrisi dan juga air.Sehingga dapat mengakibatkan kematian pada tanaman. Berbeda kalau kita lihat pada gambar 2 tanaman tampak segar dan juga sehat karena tanaman tersebut dijaga dan dipelihara dengan baik.


Demikian pula dengan hewan. Hewan yang tidak terawat akan mudah terserang penyakit. Bahkan bisa menularkan penyakit kepada makhluk hidup lainnya. Untuk itu kita harus memeliharanya dengan baik, misalnya dengan memberi makan dan minum yang cukup serta menjaga kebersihan kandangnya.

Terawat


Tidak terawat


Ciri-ciri tumbuhan terawat dan tidak terawat
Tumbuhan yang terawat pada umumnya batang kokoh, daun berwarna hijau dan segar, serta tidak ada gulma dan hama disekitar tumbuhan. Sedangkan ciri-ciri tumbuhan yang tidak terawat antara lain: batangnya tidak kokoh, daun layu dan kering, daun berwarna kekuningan atau cokelat, terdapat hama dan gulma disekitar tanaman, pertumbuhannya lambat dan tidak subur.

·        
Ciri-ciri hewan terawat dan tidak terawat
hewan terawat antara lain: jarang sakit, bergerak lincah, sehat, bulunyabersih, badan tegap. Sedangkan ciri-ciri hewan yang tidak terawat antara lain: sering sakit, malas bergerak, lemas, bulunya kotor, dan banyak kutu.


Demikianlah sedikit materi tentang kelestarian sumber daya alam semoga bermanfaat.



0 Response to ""Peduli terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan" IPA kelas 4 tema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel