Materi kelas 4 tema 7 "Indahnya Keragaman di Negeriku" IPA

 


Berbagai suku yang ada di Indonesia akan berpengaruh terhadap jenis aktivitas di setiap daerah. Perhatikan gambar diatas, becak merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang digunakan masyarakat sampai saat ini. Tahukah kamu bagaimana becak bisa bergerak, becak dapat bergerak karena adanya gaya dan kali ini kita akan belajar tentang gaya. Simak materi penjelasan di bawah ini.

Pengertian Gaya

Gaya adalah tarikan atau dorongan. Semua bentuk  tarikan serta dorongan disebut dengan gaya. Dorongan atau tarikan yang terjadi tanpa bersentuhannya dua benda disebut gaya tak sentuh. Sedangkan tarikan atau dorongan yang terjadi melalui persentuhan dua benda disebut gaya sentuh.


Pengaruh Gaya

Gaya dapat menyebabkan benda bergerak atau kedudukanya dapat berubah. Selain itu gaya juga dapat mengubah bentuk benda.


Pengaruh gaya terhadap benda  :

1. Benda yang diam menjadi bergerak ( meja yang didorong, bola yang ditendang)

2. Benda yang bergerak menjadi diam( sepeda dikendarai lalu direm, gerak sepeda menjadi lambat dan berhenti)

3. Benda berubah bentuk(botol air mineral yang kosong lalu diinjak, balom yang ditekan menjadi berbagai bentuk)

4. Benda bergerak berubah arah(saat bola menggelinding ditendang, bola akan berubah arah karena gaya yang diberikan)



Macam-macam gaya 

Gaya otot adalah gaya yang timbul karena aktivitas otot. Contoh : anak menendang bola, ibu memotong kue, ayah memindahkan televisi.

Gaya gravitasi bumi adalah gaya yang disebabkan oleh adanya gaya tarik bumi. Contoh: jika kita melemparkan benda keatas maka benda itu akan jatuh ke tanah, buah yang jatuh dari pohon.

Gaya pegas adalah gaya yang terjadi akibat tarikan atau dorongan terhadap suatu benda yang dilakukan menggunakan pegas elastis. Contoh: pulpen yang didalamnya terdapat pegas, katapel, karet gelang.

Gaya magnet adalah gaya yang timbul karena tarikan magnet terhadap benda yang terbuat dari logam. Benda-benda seperti besi, baja, nikel, dan kobalt termasuk benda magnetis (dapat ditarik dengan kuat oleh magnet). Sedangkan benda-benda yang terbuat dari kayu, plastik, karet, alumunium,emas, tembaga, dan perak adalah termasuk benda yang tidak bersifat magnetis (tidak dapat ditarik  magnet)

Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda-benda yang bermuatan listrik. Contoh : penggaris yang digosok-gosokan dirambut lalu dapat menarik potongan-potongan kertas, lampu yang menyala, kipas angin yang menyala

Gaya gesek adalah gaya yang timbul jika terdapat dua permukaan benda saling bertemu. Gaya gesek dapat menimbulkan adanya hambatan. Semakin kasar permukaan  benda gaya gesek dan hambatan akan semakin besar.  contoh: saat mengasah pisau, menghapus papan tulis, gesekan ban mobil dan permukaan jalan(aspal).


Gaya Otot serta Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gaya otot adalah gaya  yang ditimbulkan oleh otot manusia atau hewan dalam suatu kegiatan. Otot disebut alat gerak aktif karena memiliki kemampuan untuk menggerakkan tulang. Jika otot digunakan terus menerus akan mengalami keletihan dan bila dipaksakan dapat menimbulkan cidera atau kram otot. Kebiasaan posisi yang salah juga dapat menyebabkan cidera otot. 

Contoh penerapan gaya otot : 

1. Ayah mendororng atau menarik meja

2. Made menendang bola ke gawang

3. Sapi menarik gerobak

4. Ibu membawa barang belanjaan

5. Memindahkan buku ke rak dengan kedua tangan 


Gaya listrik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda bermuatan listrik. Listrik memiliki dua jenis muatan yaitu muatan positif dan negatif. 

Listrik statis adalah muatan listrik pada suatu benda yang tidak mengalir contoh penggaris yang digosok-gosokan ke rambut dapat menarik potongan-potongan kertas, semula penggaris bermuatan netral kemudian saat digosok ke rambut terjadi perpindahan muatan sehingga penggaris memiliki muatan negatif lebih banyak sehingga kertas dapat menempel.

Listrik dinamis adalah muatan listrik yang dapat bergerak. Energi listrik dapat bergerak dari kutub positif ke kutub negatif contoh aliran listrik pada rumah dan pada baterai. Aliran listrik dapat dihentikan jika penghubung antar kutub diputus menggunakan saklar. Sakelar adalah alat untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik.


Ayo Berlatih

1. Apa yang kamu ketahui tentang gaya ?

2. Tuliskan empat pengaruh gaya terhadap suatu benda !

3. Apakah perbedaan gaya sentuh dan gaya tak sentuh ?

4. Sebutkan dua contoh peristiwa gaya gravitasi !

5. Mengapa saat kita naik sepeda kemudian kita rem, sepeda dapat berhenti ?

6. Tuliskan lima contoh penerapan gaya otot !

7. Apa yang dimaksud denga listrik statis ?

8. Mengapa penggaris plastik yang digosokkan ke rambut dapat menarik potongan kertas ?

0 Response to "Materi kelas 4 tema 7 "Indahnya Keragaman di Negeriku" IPA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel