Materi Kelas 4 Tema 7 "Indahnya Keragaman di Negeriku" PPKn




 Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Sebagai negara yang besar Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, baik sumber daya alam maupun sumberdaya manusia.Hal inilah yang meyebabkan keragaman di Indonesia mulai dari keragaman suku, budaya, agama dan kepercayaan, hingga bahasa.

Faktor Yang Mempengaruhi Keragaman Di Indonesia

Keragaman di Indonesia dipengaruhi oleh  :

1. Agama. 

Terjadi karena letak Indonesia yang cukup strategis. hal ini yang membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan dari berbagai negara. Para pedagang yang datang ke Indonesia juga turut berperan dalam  menyebarkan agama di Indonesia. Agama yang diakui di Indonesia saat ini yaitu Islam Kristen Katolik Hindu Budha dan Konghucu

2. Suku bangsa. 

Keragaman suku bangsa di Indonesia terjadi karena Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang menyebabkan munculnya beragam suku. Suku-suku ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. 

3. Bidang pekerjaan. 

Terjadi karena kondisi alam (dataran rendah dan tinggi)  dan kebutuhan manusia di Indonesia. Masyarakat di dataran tinggi tentu memiliki aktivitas yang sedikit berbeda dengan masyarakat di dataran rendah.


Keragaman agama, suku  bangsa, serta pekerjaan merupakan kekayaan bagi bangsa Indonesia. Kita harus saling menghargai dan menghormati agar tercipta persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di Indonesia.

Contoh sikap yang dapat dilakukan dalam menjaga keberagaman adalah:

1. Berteman tanpa membeda-bedakan suku dan agama

2. Menghormati teman yang sedang beribadah

3. Tidak mengejek teman karena logat bahasa yang berbeda

4. Menghormati setiap pekerjaan yang kita temui


Cara melestarikan Bahasa Daerah

Manusia merupakan makhluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya. Ketika berinteraksi dengan orang lain dibutuhkan bahasa untuk berkomunikasi. Di Indonesia terdapat beragam bahasa daerah namun bahasa pemersatu bangsa Indonesia  yaitu bahasa Indonesia. Bahasa daerah merupakan kekayaan bangsa yang harus kita lestarikan. Sebagai seorang siswa tentunya kalian juga bertanggung jawab untuk melestarikan bahasa daerah.

Sikap yang dapat dilakukan oleh siswa untuk melestarikan bahasa daerah:

1. Bangga saat menggunakan bahasa daerah

2. Menghargai teman yang menggunakan bahasa daerah

3. Mau mempelajari bahasa daerah lain

4. Tidak mengejek bahasa daerah lain


Keragaman Agama dan Kebebasan Beragama

Sumber daya alam yang melimpah dan letak Indonesia yang strategis sebagai tempat menarik bagi para pedagang internasional. Mereka datang dari berbagai negara ke Indonesia dengan latar belakang agama yang berbeda-beda untuk melakukan kegiatan jual-beli di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai agama di Indonesia. Dengan adanya keberagaman agama di Indonesia kita harus saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Karena kebebasan beragam merupakan hak setiap warga negara.


Latihan Soal

1. Tuliskan tiga faktor yang mempengaruhi keragaman di Indonesia !

2. Bahasa pemersatu bangsa Indonesia adalah ....

3. Manusia sebagai makhluk sosial artinya ....

4. Sebagai seorang siswa apa saja sikap yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya daerah ?

5. Mengapa kita harus saling menghargai dan menghormati antar umat beragama ?



0 Response to "Materi Kelas 4 Tema 7 "Indahnya Keragaman di Negeriku" PPKn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel