Kelas 4 tema 8 PPKn "Keragaman karakteristik"

 



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak-anak sekalian khususnya siswa-siswi kelas 4 semoga hari ini kita selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat walau belajar dari rumah. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar di tema 8 daerah tempat tinggalku khususnya untuk muatan pelajaran PPKN dan kali ini kita akan belajar tentang keragaman karakteristik. Mari kita simak bersama-sama materi yang ada dibawah ini dan untuk lebih memahami materi bisa mengerjakan soal latihan dibawahnya.

Keragaman Karakteristik Individu

Keragaman memiliki arti bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud adalah perbedaan yang dimiliki dari setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada karena setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri. Jadi yang dimaksud dengan keragaman karakteristik individu adalah perbedaan ciri khusus yang dimiliki tiap individu atau manusia.

Keragaman karakteristik  individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman  fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat.

Berikut diantaranya beberapa contoh keragaman karakteristik individu :

1. Keragaman Fisik: warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, berat badan, bentuk wajah

2. Keragaman Kegemaran: membaca, menggambar, bernyanyi, bermain bola, menari

3. Keragaman Sifat: ramah, jujur, rajin, sombong, pemalu, pemberani

Keragaman Karakteristik di Sekolah

Saat di sekolah kamu mengenal banyak orang misalnya kepala sekolah guru karyawan tata usaha penjaga sekolah dan juga teman-teman. Setiap orang memiliki karakter individu yang berbeda titik begitupun dengan karakter yang dimiliki oleh teman-temanmu. Keragaman karakter individu meliputi keragaman fisik sifat agama dan juga asal daerah.

Karakteristik pelajar di kota Jawa Tengah khususnya Semarang. Saat ini daerah Semarang sudah dihuni banyak suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Minang, serta etnis TiongHoa. Oleh karena itu, karakteristik pelajar yang ada di Semarang beragam. Di sekolah, setiap pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. 

Manfaat keragaman karakteristik di sekolah diantaranya dapat mempererat rasa tolong-menolong antar teman dan menambah pengetahuan akan kebudayaan daerah lain. Oleh karena itu kita harus menghormati keragaman karakteristik tersebut.

Keragaman Karakteristik di Masyarakat

Manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain harus hidup rukun di tengah tengah perbedaan. Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan merupakan saranan untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya, masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. 

 Karakteristik adalah karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan. Karakteristik juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang. Jadi, karakteristik individu adalah ciri atau karakter yang melekat pada diri individu. Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya di antaranya fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan.


Manfaat Keragaman Karakteristik

keragaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling menghormati perbedaan karakteristik antar masyarakat. Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia.

Beberapa manfaat yang dimaksud sebagai berikut.

1. Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.

2. Belajar bersosialisasi.

3. Belajar toleransi.

4. Saling melengkapi sesama individu.

5. Hidup rukun dalam masyarakat.


Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan keragaman pada manusia ?

2. Tuliskan 3 contoh keragaman kegemaran pada setiap individu !

3. Tuliskan 3 contoh keragaman sifat pada setiap individu !

4. Sebutkan 5 manfaat keragaman karakeristik !

5. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Arti dari pernyataan tersebut adalah .....


SELAMAT BELAJAR



0 Response to "Kelas 4 tema 8 PPKn "Keragaman karakteristik""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel