Mengidentifikasi Tokoh dalam Teks Fiksi

 


Selamat pagi adik-adik yang tetap bersemangat dan serius dalam belajar untuk meraih cita-cita yang gemilang di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan juga kesehatan agar wabah yang melanda negeri tercita segera berakhir. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengidentifikasi  tokoh dalam teks fiksi. Marilah belajar bersama-sama.


Cerita fiksi memiliki jenis yang beragam titik salah satunya adalah fabel. Fabel merupakan cerita fiksi yang tokoh utamanya adalah hewan yang mampu berbicara dan bertingkah seperti manusia. Dalam fabel sifat manusia digambarkan oleh sifat hewan tertentu. Selain itu fabel memiliki jalan cerita yang sama seperti kehidupan manusia. Beberapa hewan dipilih untuk memiliki sifat tertentu misalnya kancil melambangkan kecerdikan, serigala menggambarkan keserakahan, burung elang menggambarkan kegagahan, harimau menggambarkan kekuatan dan kesombongan, serta semut menggambarkan sikap kerjasama.


Dalam cerita fiksi terdapat tokoh yang memiliki peranan yang sangat penting. Karena dengan keberadaan tokoh tersebut maka cerita akan menjadi lebih hidup dan juga menarik. Tokoh sendiri adalah individu yang mengalami peristiwa sekaligus merupakan pelaku dalam cerita. Para tokoh akan memiliki peran masing-masing dalam sebuah cerita. Ada tokoh yang bersifat baik, namun ada pula tokoh yang memiliki sifat tidak baik. Untuk mengetahui hal ini, kita diwajibkan membaca cerita sampai selesai.

Pada dasarnya tokoh dalam cerita dapat dibedakan menjadi dua yakni tokoh utama dan juga tokoh pembantu.

1. Tokoh Utama
Tokoh utama adalah tokoh yang senantiasa diceritakan sepanjang cerita dan merupakan tokoh yang mempengaruhi alur. Bahkan pada beberapa novel, tokoh utama akan selalu hadir di setiap kejadian. Dan dapat kita temui pada tiap halaman novel yang diceritakan.

2. Tokoh Tambahan
Tokoh tambahan adalah tokoh yang mendampingi tokoh utama, dan hanya muncul sesekali di dalam alur serta konflik cerita. Kehadiran tokoh tambahan ini fungsinya hanya untuk menunjang tokoh utama.

Berdasarkan peran yang dilakukan dalam cerita, tokoh dibedakan menjadi 2 yakni tokoh protagonis dan juga tokoh antagonis.

1. Tokoh Protagonis
Tokoh protagonis adalah tokoh yang biasanya memiliki sifat baik sehingga banyak disenangi bahkan dikagumi oleh para pembaca. Misalnya dalam cerita kancil dan buaya, kancil berperan sebagai tokoh protagonis yang memiliki watak cerdik.

2. Tokoh Antagonis
Adalah tokoh yang biasanya tidak disenangi bahkan dibenci oleh pembaca karena perannya yang tidak sesuai dengan harapan pembaca. Tokoh ini yang menjadi penyebab timbulnya konflik atau masalah yang dialami oleh tokoh protagonis. Misalnya dalam cerita rakyat, bawang merah dan bawang putih, dimana bawang merah memiliki watak tidak baik atau berperan sebagai antagonis.

Bacalah teks fiksi berikut kemudian jawab pertanyaan yang ada !

Kambing dan Kera

Di suatu hutan hiduplah seekor kambing yang kotor dan bau sehingga hewan-hewan lain menjauhinya. Hewan lain juga sering mengganggu kambing karena keadaan tubuhnya. Sebenarnya, kambing sangat malu dengan bau tubuhnya tapi karena tidak memiliki teman kambing tidak bisa membersihkan noda-noda di dalam tubuhnya sendiri. Kambing akhirnya jarang keluar dari rumahnya karena tidak mau diganggu oleh hewan lain. Suatu hari kambing harus keluar dari rumahnya karena persediaan makanannya sudah habis. Saat mencari makanan di hutan kambing terjerat oleh perangkat yang dipasang oleh pemburu. "Tolong-tolong!" teriak si kambing. Setelah beberapa lama seekor kera mendekat karena mendengar teriakan si kambing. "Tenanglah kambing aku akan menolongmu" kata kera sambil bergegas melepaskan ikatan tali dari tubuh kambing. Kambing sangat berterima kasih karena kera mau menolongnya dan menceritakan apa yang terjadi padanya selama ini. "Tidak usah berterima kasih kambing kita sesama teman memang harus saling membantu" ujar kera setelah mendengar cerita kambing. Akhirnya kera membantu membersihkan tubuh kambing di sungai titik kambing sekarang sudah tidak bau lagi dan bisa berteman dengan hewan-hewan lain di hutan.


1. Siapa tokoh dalam cerita diatas ?
2. Dimana latar cerita pada cerita diatas ? 
3. Tuliskan sikap tokoh kambing serta kera pada cerita diatas !
4. Sebutkan pesan moral yang dapat kita ambil dari cerita diatas !
5. Dalam cerita fiksi beberapa hewan melambangkan sifat tertentu misal kancil melambangkan kecerdikan sedangkan harimau melambangkan apa ?


Selamat Belajar



0 Response to "Mengidentifikasi Tokoh dalam Teks Fiksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel