Mengapa Es dapat Mengapung di Air ?



 Tentunya kita tidak asing lagi dengan minuman es teh. Minuman ini rasanya sangat segar sekali titik tetapi apakah kamu pernah mengamati bahwa es yang berada di dalam es teh tersebut terapung di dalam air padahal sesungguhnya es batu itu sama-sama terbuat dari air tetapi mengapa bisa mengapung. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari hal tersebut.

Sebuah benda apabila berada di suatu cairan yang memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan massa jenis cairan tersebut maka benda tersebut akan mengapung. Hal ini tentu saja berlaku pula pada es. massa jenis dari es lebih kecil dibandingkan massa jenis air sehingga es dapat mengapung di air.

Mengapa massa jenis es lebih kecil dibandingkan massa jenis air padahal keduanya berasal dari zat yang sama yaitu air atau H2O tentunya kita masih bisa mengingat pelajaran IPA di bangku SMP bahwa massa jenis merupakan perbandingan antara massa dan volume. Persamaannya adalah massa jenis = m : V jadi untuk masa yang sama massa jenis akan lebih kecil apabila volumenya lebih besar atau berbanding terbalik dengan volume.

Zat akan memuai apabila dipanaskan dan akan menyusut apabila didinginkan. Ketentuan ini berlaku juga untuk air namun pada rentang suhu antara 4 derajat celcius sampai dengan 0 derajat Celcius air memiliki sifat yang tidak lazim atau dikenal dengan istilah anomali air. Khusus untuk rentang suhu ini air justru akan memuai apabila didinginkan. di rentang suhu inilah air akan mengalami proses pembekuan. Akibat terjadinya anomali air, es yang merupakan hasil pendinginan dari air memiliki volume yang lebih besar sehingga massa jenisnya akan mengecil. Sehingga hal ini mengakibatkan es akan selalu mengapung di air.

Ternyata dengan peristiwa ini es memiliki banyak manfaat bukan hanya yang kita lihat sehari-hari pada saat kita minum es teh ataupun minum es jeruk di dalam gelas, namun peristiwa terapungnya es di permukaan laut di kutub menjadikan penghalang bagi masuknya suhu beku ke dasar laut sehingga ikan ikan dan biota laut masih dapat bertahan hidup. Seandainya es memiliki sifat tenggelam ke dasar air, maka laut di kutub akan membeku dan tidak akan ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di sana.

1 Response to "Mengapa Es dapat Mengapung di Air ?"

  1. Kalo gak ada anomali air, nanti sungai dan danau akan membeku dari bawah. Ikan2 pada mati terjebak ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel