Paragraf deduktif induktif dan campuran

 


Selamat pagi, bagaimana kabar hari ini semoga selalu dalam keadaan sehat ya. pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanaya. Yaitu paragraf deduktif mari kita pelajari bersama.


Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya dibedakan menjadi 3 yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, serta paragraf campuran. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf baru kemudian diikuti kalimat penjelas. Paragraf induktif adalah paragraph yang kalimat utama berada di akhir paragraf, sedangkan paragraf campuran kalimat utama yang berisi ide pokok berada di awal kemudian diperkuat di akhir paragraf.

Contoh paragraf deduktif  

Dimas seorang atlet yang multitalenta. Selain menjadi atlet olahraga voli, Dimas juga seorang fotografer yang sering pergi ke berbagai tempat yang indah untuk mengambil foto. Bakat yang dimiliki Dimas dalam olahraga voli, pernah mewakili juara Indonesia memenangkan Olimpiade pada tiga tahun yang lalu. Selain voli, Dimas juga masih sering bermain bola dengan teman sekampungnya. Bukan berarti dia tidak bisa dalam olahraga lain, justru dia mahir dalam beberapa bidang olahraga.

Kalimat utama pada paragraf diatas adalah Dimas seorang atlet yang multitalenta. Untuk kalimat berikutnya merupakan penjelasan dari kalimat utama sehingga paragraf di atas merupakan paragraf deduktif.

Contoh paragraf induktif

Apapun jika dilakukan secara berlebihan bukanlah hal yang baik. Sama halnya seperti mengonsumsi makanan. Terlalu banyak makan juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Misalnya saja obesitas, serangan jantung, stroke, atau penyakit-penyakit lain seperti kolesterol dan gula. Untuk itu, makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh demi menjaga kesehatan jangka panjang.

Kalimat utama pada paragraf diatas adalah makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh demi menjaga kesehatan jangka panjang. Untuk kalimat sebelumnya merupakan penjelasan dari kalimat utama sehingga paragraf di atas merupakan paragraf induktif.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya semoga bermanfaat.

0 Response to "Paragraf deduktif induktif dan campuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel