tips cerdas mengurangi gadged pada anak

             Anak merupakan mutiara hati bagi keluarga, apa yang diinginkan anak kita sebagai orang tua berusaha untuk bisa mengabulkannya walau harus dengan usaha yang keras. Walau demikian kita juga harus bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang harus kita batasi sehingga anak tidak terbawa ke hal-hal yang kurang kita inginkan. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengurangi gadged pada anak.



1. Jadi contoh yang baik
Anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika Anda terlihat sering bermain dengan gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan yang kita lakukan. Apabila kita ingin mengurangi waktu  untuk bermain gadget, maka kita  sendiri juga harus mampu mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara baik dan bijak.

Jangan sampai kita melarang anak untuk bermain dengan gadget, tapi Anda sendiri malah  masih terus asyik pada gadget. Larangan Anda tentu tidak akan membuahkan hasil.

2. Batasi penggunaan gadget
Mengatur  waktu anak untuk bermain gadget bisa membantu Anda untuk membatasi penggunaan gadget oleh anak. Kemudian, usahakan jangan meletakkan gadget pada tempat sembarangan, anak bisa mengambil dan memainkannya dengan mudah. Pastikan sekitar area kamar tidur anak juga bebas dari gadget.

3. Perbanyak aktivitas di luar atau di dalam rumah
Meningkatkan kegiatan anak di dalam  ataupun di luar rumah bisa menyita perhatian anak dan lupa terhadap gadget. Anda bisa mengajak anak untuk olahraga di luar dengan jalan atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Lakukan kegiatan apapun yang membuat anak kembali aktif.

4. Bersikap tegas
Kecanduan dengan gadget yang membuat anak menjadi tantrum, memang sulit dihadapi. Ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan dan memberlakukan peraturan yang baru Anda buat untuk membatasi waktu anak dalam bermain gadget. Jangan sampai Anda merasa kasihan dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget.

Anak butuh waktu untuk bisa terlepas dari kecanduan gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak tapi lakukan secara perlahan.

5. Minta pertolongan dokter
Jika langkah yang di terapkan  di atas tidak memberikan efek yang maksimal. Bisa jadi anak malah akan depresi dan cemas. Itu artinya, Anda harus konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan saran dan juga cara terbaik untuk membantu Anda menenangkan si kecil dan mengurangi kecanduannya.

4 Responses to "tips cerdas mengurangi gadged pada anak"

  1. Wah iya bener nih,,,anak saya juga begitu,,,pulang kerja nungguin didepan rumah eeehhh yang diminta hp dan hp,,,kalo gk dikasih nangis,,,,kadang saya biarin aja nangis karena kasian kalo harus jadi kecanduan gadget,,,

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas, anak saya juga gitu setiap hari mintanya main hp tapi sekarang sudah mulai bisa diajak komunikasi dan kerjasama kapan boleh main dan kapan tidak boleh main

    ReplyDelete
  3. Harus terus konsisten sepertinya,,,kesalahan awal dari saya juga sih dulu pas awal awal dikasih trus gadget,,,pikir saya "ah anak kecil mana ngerti" biarpun cuma asal dipencetin, ,pas sekarang baru kerasa,,,,anak sudah mulai ngerasain main gadget hhhe

    ReplyDelete
  4. ya paling tidak kita harus mencoba mengurangi sedikit-demi sedikit dengan di alihkan ke hal positif lain mungkin bisa di ajak bermain atau apa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel