mengenal dan bagaimana cara membuat montase, kolase dan mozaik

Apa itu montase, dan mengapa harus memilih montase dibandingkan dengan kolase maupun mozaik. Karya montase merupakan hasil dari menggabungkan gambar-gambar dari berbagai sumber yang berbeda dengan susunan tertentu yang kemudian ditempelkan pada bidang datar. Istilah lain karya montase adalah rakitan gambar. Jadi inti dari montase adalah menggunting gambar yang sudah jadi kemudian gambar di tempel dengan penataan dan susunan yang kita inginkan sesuai tema yang akan kita buat.
contoh montase

Perbedaan montase kolase dan juga mozaik adalah untuk kolase sendiri merupakan teknik menempel berbagai unsur ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni baru. Sedangkan bahan yang digunakan bisa dari daun kering, ataupun biji-bijian di atur sedemikian rupa sehingga mendapatkan karya seni rupa dengan komposisi serasi menjadi satu kesatuan.

kolase


Mozaik sendiri adalah jenis karya seni dekorasi yang menerapkan teknik menempel. Namun material yang digunakan biasanya lebih rumit misalnya pecahan keramik atau potongan kaca. Dan juga menggunakan satu bahan. Sehingga kita bisa membedakan perbedaan antara kolase, montase, dan juga mozaik. Kalau kolase menempel, montase memotong terlebih dahulu baru ditempel dengan beberapa bahan, sementara mozaik hampir sama dengan montase namun hanya menggunakan satu bahan.

0 Response to "mengenal dan bagaimana cara membuat montase, kolase dan mozaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel