mengenal dan bagaimana cara membuat montase, kolase dan mozaik

Melestarikan lingkungan dapat dilakukan mulai dari lingkungan sekitar rumah. Misal dengan mendaur ulang barang bekas. Ada beberapa barang bekas yang memiliki nilai jual jika diolah menjadi karya seni. Misal kalender bekas, koran bekas, atau majalah bekas. Selain itu bahan alam juga memiliki nilai jual jika kita manfaatkan dengan baik. Contoh daun kering, ranting kering, biji-bijian, atau bunga kering. 

KOLASE
Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menempel potongan, pecahan, ataupun kepingan bahan material yang terbuat dari kertas, kaca, biji-bijian, kerang, kulit kayu, dedaunan, ataupun bahan alam lainnya. Bahan-bahan tersebut ditempelkan pada sebuah gambar sehingga akan membentuk warna dan hasil karya yang indah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolase diantaranya adalah serutan kayu, kaca, batu, tempurung kelapa, biji-bijian, daun kering, kulit buah, dan juga kertas.

kolase




KOLASE 


MONTASE
Apa itu montase, dan mengapa harus memilih montase dibandingkan dengan kolase maupun mozaik. Karya montase merupakan hasil dari menggabungkan gambar-gambar dari berbagai sumber yang berbeda dengan susunan tertentu yang kemudian ditempelkan pada bidang datar. Istilah lain karya montase adalah rakitan gambar. Jadi inti dari montase adalah menggunting gambar yang sudah jadi kemudian gambar di tempel dengan penataan dan susunan yang kita inginkan sesuai tema yang akan kita buat.
contoh montase
contoh montase

                                    


MOZAIK

Mozaik sendiri adalah jenis karya seni dekorasi yang menerapkan teknik menempel. Namun material yang digunakan biasanya lebih rumit misalnya pecahan keramik atau potongan kaca. Dan juga menggunakan satu bahan. Bahan tersebut disusun dan ditempel pada sebuah bidang datar menggunakan lem. Bahan yang dapat ditempel antara lain biji-bijian, kulit telur, pecahan keramik, potongan kayu, dan potongan kertas.


PERBEDAAN DAN PERSAMAAN KOLASE MONTASE DAN MOZAIK

kita bisa membedakan perbedaan antara kolase, montase, dan juga mozaik. Kalau kolase menempel, montase memotong terlebih dahulu baru ditempel dengan beberapa bahan, sementara mozaik hampir sama dengan montase namun hanya menggunakan satu bahan. Perbedaan montase kolase dan juga mozaik adalah untuk kolase sendiri merupakan teknik menempel berbagai unsur ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni baru. Sedangkan bahan yang digunakan bisa dari daun kering, ataupun biji-bijian di atur sedemikian rupa sehingga mendapatkan karya seni rupa dengan komposisi serasi menjadi satu kesatuan.

Perbedaan karya kolase, montase, dan mozaik adalah:
1. Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang telah jadi sebelumnya yang kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan yang baru.
2. Kolase dibuat dengan memadukan anek bahan seperti kayu, kain, kayu, yang kemudian ditempelkan pada permukaan gambar.
3. Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan yang lebih kecil daripada bahan-bahan pada kolase, dan bahan tersebut hanya sejenis saja.

Persamaan karya kolase, montase, dan mozaik adalah keempat karya tersebut dibuat dengan teknik tempel.

Latihan
1. Apa yang kamu ketahui tentang kolase ?
2. Sebutkan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kolase ?
3. Apa yang kamu ketahui tentang montase ?
4. Pengertian dari mozaik adalah ....
5. Tuliskan persamaan kolase, montase, dan mozaik !


0 Response to "mengenal dan bagaimana cara membuat montase, kolase dan mozaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel