4 Cara Mendidik Anak Agar Terbiasa Hidup Sehat Yang Mudah Dilakukan


Sejak masih kecil anak-anak harus mulai dibiasakan dengan pola hidup sehat, demi mendukung pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal. Selain itu, kebiasaan hidup sehat yang dilakukan sejak dini diharapkan bisa terbawa sampai usia dewasa nanti. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar terbiasa hidup sehat? simak selengkapnya dibawah ini.

Ayah dan bunda tidak perlu merasa khawatir jika tips yang akan saya bagikan rumit dan susah diterapkan, karena sejatinya menerapkan pola hidup sehat itu mudah dan simpel. Daripada semakin penasaran, langsung saja disimak cara mendidik anak agar terbiasa hidup sehat berikut.
Tips Supaya Anak Terbiasa Menerapkan Pola Hidup Sehat

1.Memberi camilan sehat
Camilan sehat adalah setiap makanan dengan kandungan garam, gula dan lemak yang rendah. Beberapa contoh camilan sehat buah stroberi, kacang-kacangan, pisang, alpukat dan lain sebagainya.
Hindarilah beberapa jenis makanan berbahan pengawet, karena tidak mengandung gizi cukup untuk mendukung perkembangan anak.

Daripada membelikan anak ice cream, lebih baik Anda membuatkan jus alpukat yang diberi susu coklat. Lebih baik memilih produk kacang-kacangan, daripada harus membeli snack chiki. Salah satu contohnya adalah dengan membuat bubur kacang hijau. 


2.Tidur dan makan teratur
Kunci hidup sehat selanjutnya yang harus ditanamkan pada anak-anak adalah tidur cukup dan makan secara teratur. Biasakan anak tidur siang dan tidur tepat waktu saat malam hari. 
Agar tidak cepat bosan, Anda bisa memberikan beberapa kreasi menu makanan yang berbeda kepada anak-anak. 


3.Kurangi aktifitas didalam rumah
Fenomena yang terjadi di zaman modern seperti sekarang adalah kebanyakan anak-anak menghabiskan waktunya didalam rumah, kalau tidak bermain gadget ya menonton televisi. Itu artinya, anak-anak kurang aktif bergerak dan cenderung suka bermalas-malasan. 

Padahal, salah satu syarat hidup sehat adalah dengan rutin berolahraga atau melakukan aktifitas fisik. Oleh karenanya, biasakan anak-anak untuk bermain bersama teman-temannya di luar ruangan dan ajarkan mereka betapa pentingnya olahraga. Kebiasaan itu bisa dimulai dengan mengajak anak jalan-jalan setiap pagi. 


4.Perbanyak minum air putih
Langkah terakhir, Anda harus membiasakan anak-anak agar minum air putih yang cukup setiap hari. Jika biasanya Anda memberi minuman teh, kopi atau jus kemasan, mulai sekarang kurangi takarannya dan ganti dengan minum air putih.


Demikianlah ulasan singkat saya kali ini tentang 4 cara mendidik anak agar terbiasa hidup sehat, semoga bermanfaat untuk ayah dan bunda semua.  

4 Responses to "4 Cara Mendidik Anak Agar Terbiasa Hidup Sehat Yang Mudah Dilakukan"

  1. yang memperbanyakan minum air putih itu, tidak ramai ibu bapa yang menggalakkan anak2 berbuat sedemikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, karena biasanya anak lebih suka makanan dan minuman yang ada rasanya, maka alangkah baiknya mulai sekarang banyak minum air putih

      Hapus
  2. memang tidak mudah ya kak untuk mendidik anak sejak kecil untuk membiasakan hidup sehat dan bisa mandiri, harus di latih bener dari nol, dan biasa nya yang telaten ya ibu nya ya, kalau bapaknya sih kayaknya lebih sibuk cari uang untuk kebutuhan keluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ini malah kadang kebalikan bapak yang mengurus anak ibunya yang kerja, tapi semua itu yang penting harus sinkron

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel